3 Teknik Wawancara yang Biasa Dipakai Perusahaan
Siker.id | 06 Apr 2022 11:30


Bagikan ke
Teknik wawancara yang dipakai perusahaan. (siker)

siker.id - Tim HRD atau recruiter harus tahu teknik wawancara yang paling efektif untuk menemukan kandidat berkualitas. Dengan begitu, waktu dan tenaga yang dikeluarkan selama proses recruitment tidak terbuang percuma. Wawancara merupakan sesi paling penting selama proses rekrutmen. Melalui sesi ini, pihak kandidat diharapkan mampu “mempromosikan” diri secara langsung agar dapat mengisi lowongan kerja yang sedang dibutuhkan. Di sisi lain, tim HRD atau recruiter bisa memanfaatkan sesi wawancara tersebut untuk mengenal kandidat secara lebih mendalam dan melihat potensi diri dari kandidat tersebut. Dalam melakukan wawancara terdapat beberapa teknik wawancara yang lazim dilakukan kebanyakan perusahaan dalam mencari kandidat yang tepat. Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dihindari saat Interview Kerja

Case Interviews

Case interviews adalah teknik wawancara dimana kandidat akan dihadapkan dengan sebuah skenario bisnis untuk mengetahui bagaimana mereka dapat menyelesaikan situasi tersebut. Biasanya teknik wawancara ini digunakan menyeleksi kandidat yang melamar posisi sebagai konsultan.

Case interviews dirancang untuk mensimulasikan kehidupan di tempat kerja dan kandidat akan diminta untuk memberikan saran-saran untuk menyelesaikan suatu masalah. Dengan demikian, Anda dapat menguji keterampilan pemecahan masalah yang dimiliki oleh kandidat.

Group Interviews

Seperti namanya, group interviews adalah teknik wawancara yang melibatkan beberapa kandidat untuk diwawancarai pada waktu yang sama. Group interviews memungkinkan Anda untuk dapat mewawancarai banyak kandidat pada saat yang sama sehingga menghemat banyak waktu. Selain itu, teknik wawancara ini juga memungkinkan Anda melihat kandidat mana yang cocok dengan kandidat lainnya.

Baca juga: 4 Kiat Mempersiapkan Diri Sebelum Panel Interview

Behavioural Interviews

Behavioural interviews adalah teknik wawancara yang digunakan untuk menilai bagaimana kandidat menangani suatu situasi terkait pekerjaan tertentu dalam pekerjaan sebelumnya. Teknik ini dapat membantu Anda untuk menilai dan mengevaluasi bagaimana kinerja kandidat di masa depan. Anda juga bisa melihat bagaimana kandidat menghadapi masalah tertentu dan apa yang akan lakukan untuk menyelesaikannya.

Prinsip dasar dari teknik wawancara ini adalah karena apa yang orang pikirkan atau katakan tentang keterampilan mereka tidak bisa sepenuhnya dipercaya. Jadi, agar dapat memperoleh jawaban yang dapat dipercaya, maka tim HRD atau recruiter perlu menanyakan pengalaman yang sudah dilakukan dan dihadapi secara langsung oleh kandidat.

Sekian artikel tentang beberapa teknik wawancara yang biasa dipakai perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Membuat Kandidat Nyaman saat Interview


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar