3 Jenis Program Kesehatan Karyawan di Perusahaan
Siker.id | 06 Apr 2022 10:00


Bagikan ke
Program kesehatan di perusahaan. (siker)

siker.id - Program kesehatan karyawan sudah menjadi topik penting dan diperhatikan oleh perusahaan mengingat saat ini kita masih berada di masa pandemi virus Covid-19. Para pimpinan perusahaan telah berusaha keras menjalankan bisnisnya selama pandemi Covid-19 berlangsung. Di masa sulit ini, perusahaan tidak hanya memikirkan bagaimana caranya agar roda bisnis tetap berputar namun juga harus memperhatikan kesehatan para karyawan. Hal itu dilakukan karena karyawan adalah aset berharga milik perusahaan yang perlu dijaga. Itulah sebabnya mengapa banyak perusahaan yang menawarkan beragam program kesehatan untuk para karyawan. Berikut ini program Kesehatan karyawan yang biasanya ada di perusahaan.

Baca juga: Beberapa Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

Tunjangan atau asuransi kesehatan

Salah satu contoh program kesehatan karyawan yang umum diberikan oleh perusahaan adalah asuransi kesehatan. Biasanya perusahaan akan menawarkan dua jenis asuransi yang bisa dipilih yaitu asuransi kesehatan swasta atau asuransi kesehatan dari pemerintah.

Jika karyawan memilih untuk menggunakan asuransi kesehatan swasta, maka asuransi kesehatan yang digunakan akan dikelola oleh suatu perusahaan atau badan swasta. Namun jika karyawan memilih menggunakan asuransi dari pemerintah, maka mereka akan didaftarkan sebagai peserta asuransi BPJS Kesehatan yang dikelola langsung oleh pemerintah.

Tunjangan untuk bergabung di pusat kebugaran

Agar karyawan bisa rutin berolahraga, perusahaan dapat memberikan program kesehatan berupa tunjangan keanggotaan di pusat kebugaran. Perusahan bisa bekerjasama dengan pusat-pusat kebugaran di kota Anda untuk mendapatkan potongan harga.

Selain memberikan tunjangan keanggotaan di pusat kebugaran, perusahaan juga bisa mendorong karyawan untuk tetap rutin berolahraga dengan menyediakan sebuah ruangan khusus di kantor yang bisa digunakan untuk berolahraga.

Baca juga: 3 Ciri Karyawan yang Dapat Promosi Jabatan

Menyediakan sistem remote working atau Work From Home

Remote working atau Work From Home terbukti dapat menurunkan tingkat stres sehingga dapat berdampak positif pada kesehatan karyawan. Flexjobs mengemukakan bahwa sekitar 97% orang dengan pekerjaan yang lebih fleksibel seperti remote working dapat memiliki dampak yang positif pada kualitas hidup mereka. Saat bekerja dari rumah, karyawan tidak lagi perlu menempuh perjalanan jauh dengan kondisi yang macet. Selain itu, mereka juga dapat bekerja nyaman di ruangnya sendiri dengan pakaian yang santai.

Sekian artikel tentang beberapa jenis fasilitas kesehatan untuk karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menjadi Karyawan yang Berkualitas


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar