3 Cara Atasi Minder terhadap Pencapaian Orang Lain
Siker.id | 05 Apr 2022 19:00


Bagikan ke
Atasi rasa minder terhadap pencapaian orang lain. (siker)

siker.id - Insecure atau minder merupakan perasaan yang sering dialami anak muda. Minder merupakan perasaan rendah diri terhadap orang lain. Perasaan tersebut muncul ketika kita merasa tidak yakin dengan kemampuan diri. Adanya media sosial yang penggunaannya semakin masif membuat rasa minder ini muncul.

Kita jadi mudah merasa rendah diri akibat membandingkan diri kita dengan keberhasilan orang lain. Perasaan minder yang muncul merupakan hal yang wajar. Namun, kita harus mengendalikannya agar hal tersebut tidak merugikan diri kita sendiri. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa minder terhadap pencapaian orang lain? Berikut tipsnya!

Baca juga: 4 Cara Memaksimalkan Bekerja selama Bulan Ramadan

Fokus mengembangkan kemampuan diri

Daripada sibuk membandingkan diri kita dengan orang lain, lebih baik kita fokus mengembangkan personal skills. Hal tersebut akan memberikan kita peluang yang besar untuk menjadi individu yang lebih berkembang. Banyak kelas-kelas gratis atau webinar mengenai pengembangan diri yang dapat diikuti.

Kita juga bisa belajar sendiri menggunakan berbagai platform yang mendukung seperti YouTube dan lain sebagainya. Melatih public speaking, belajar berbagai bahasa, mengikuti kursus, dan lain-lain akan membuat diri kita lebih maju dan berkembang.

Beri apresiasi terhadap progress kecil yang dibuat

Tak perlu merasa minder dengan keberhasilan atau pencapaian orang lain. Kita tidak tahu apa yang ada di balik keberhasilan orang lain. Lebih baik kita fokus dengan progress dari diri kita sendiri. Tiap langkah dan progress yang kita buat sudah sepatutnya kita apresiasi.

Tak perlu menunggu pencapaian besar agar kita dapat mengapresiasi diri sendiri. Progress kecil yang kita buat pun sudah layak untuk diapresiasi. Apabila kita bisa mengapresiasi dan bersyukur terhadap hal kecil yang telah kita buat, maka kita akan lebih bisa mengapresiasi hal besar yang akan menghampiri kita.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Bekerja

Kelilingi diri dengan orang-orang yang positif

Tips lain untuk mengatasi rasa minder yang muncul adalah dengan mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang positif. Lingkungan yang positif akan memberikan dampak yang baik bagi diri kita. Secara tidak langsung, pikiran dan perilaku kita akan terpengaruh oleh orang-orang yang berada di sekeliling kita. Oleh karena itu, berada di tengah orang-orang yang memiliki mindset positif akan membuat kita menjadi orang berpikir positif juga.

Sekian artikel tentang cara atasi rasa minder terhadap pencapaian orang lain. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Daftar Kemampuan yang Dibutuhkan saat Bekerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar