3 Tips Memulihkan Diri dari Burnout
Siker.id | 04 Apr 2022 14:00


Bagikan ke
Tips memulihkan diri dari burnout. (siker)

siker.id - Burnout adalah kondisi di mana pekerja merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional gara-gara pekerjaan yang dijalani. Seseorang mengalami burnout dari pekerjaan seringkali mengalami kesulitan-kesulitan lain dalam hidup semakin kompleks. Meskipun kelelahan bisa terasa seperti serangkaian emosi negatif yang tidak pernah berakhir, kamu bisa belajar bagaimana memulihkan diri dari burnout dan merasa lebih baik.

Jika kamu melakukan hal yang benar, pemulihan burnout mungkin tidak memakan waktu lama. Oleh karena itu, mempelajari cara memulihkan diri dari burnout ini sangat penting jika kamu ingin terus produktif dan puas dalam hidup dan kariermu.

Baca juga: 3 Tips Atasi Kelelahan Kerja

Praktik meditasi mindfullness

Meditasi adalah strategi yang telah teruji waktu untuk mengatasi kelelahan. Meditasi yang konsisten berhubungan dengan perkembangan sel dan jaringan dalam otakmu. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat, pengendalian diri, pengambilan keputusan, dan banyak lagi.

Kamu dapat mengatur ulang pikiran dan otakmu untuk lebih fokus dan produktif dengan berlatih meditasi setiap hari. Mulai dari yang kecil. Beristirahatlah selama 10 menit selama bekerja atau di pagi hari untuk melatih kesadaranmu.

Praktik untuk menulis sebuah jurnal pribadi

Menulis bisa menyembuhkan. Menulis tentang emosi dan pengalamanmu setiap hari membantumu memprosesnya, yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Mulailah dengan merinci pencapaianmu, proyek serta tantangan yang menghambatmu. Kamu juga dapat membuat daftar beberapa ketidakpastian atau pertanyaan tentang pekerjaanmu saat ini. Dengan begitu, kamu dapat menemukan pola dalam kehidupan profesionalmu dan merenungkan tindakan selanjutnya yang harus diambil.

Baca juga: 3 Hal Negatif yang Sering Terjadi di Tempat Kerja

Perkirakan tugas untuk diselesaikan

Apakah kamu sering merasa seperti manusia super dalam hal bekerja, dan kemudian hampir tidak menyelesaikan setengah dari apa yang telah kamu rencanakan? Jika ini adalah masalah umum bagimu, cobalah mempelajari cara memperkirakan secara akurat berapa banyak waktu yang diperlukan untuk suatu tugas dan berapa banyak tugas yang dapat kamu lakukan dalam sehari. Jika ragu, lebihkanlah waktu.

Dibutuhkan latihan untuk menjadi sempurna dalam memperkirakan tugas. Namun demikian, strategi jitu yang dapat kamu gunakan untuk menyortirmu dalam mengerjakan tugas itu yang paling penting.

Sekian artikel tentang tips memulihkan diri dari burnout. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tanda Kamu Bersaing dengan Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar