Prospek Kerja Lulusan PIP
Siker.id | 31 Mar 2022 21:00


Bagikan ke
Prospek kerja PIP. (siker)

siker.id - Kali ini kita akan membahas tentang sekolah kedinasan pelayaran yang ada di Pulau Jawa, tepatnya di Semarang. Yup, satu di antara sekolah pelayaran di Semarang ialah Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP). Akrab disapa PIP Semarang, perguruan tinggi ini menyelenggarakan program pendidikan vokasi dalam bidang pelayaran dan kepelabuhan yang setara tingkatan jenjang Diploma IV (D4). PIP Semarang berdiri dibawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Yuk Sikers kenal lebih dekat dengan politeknik ini dengan simaklah ulasan di bawah ini.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi

Sejarah Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang berdiri pada tahun 1951 dengan nama Sekolah Pelayaran Semarang atau yang disingkat SPS. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah pendidikan tinggi negeri milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan telah masuk White List di International Maritime Organization tahun 2000. Mengemban tugas mendidik dan melatih pemuda-pemudi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di bidang pelayaran dan pelabuhan menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Angkutan Laut/Kepelabuhanan guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut nasional maupun internasional.

Baca juga : 3 Tanda Kamu Bersaing dengan Rekan Kerja

Berdiri 1951, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang berdiri pada tahun 1951 dengan nama Sekolah Pelayaran Semarang atau yang disingkat SPS. Pada Tahun 1955 hingga tahun 1975 menjadi Sekolah Pelayaran Menengah Semarang disingkat SPM Semarang.Pada Tahun 1974 hingga tahun 1981 menjadi Pendidikan Perwira Pelayaran Besar disingkat P3B Semarang. Pada Tahun 1979 hingga tahun 1995 menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Semarang dengan program Strata A (Diploma III) dengan lama pendidikan 3 tahun. Pada Tahun 1995 masih tetap bernama BPLP Semarang, tetapi program pendidikannya ditingkatkan menjadi Diploma IV (setara Sarjana/S1) dengan Politeknik Ilmu Pelayaran pendidikan 4 tahun. Pada Tahun 1999 berdiri Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 81 Tahun 1999 tanggal 13 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Ilmu Pelayaran.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Berikut prospek kerja pip :

Untuk Program Studi D-IV TALK Prospek Karir pada Perusahaan Pelayaran Nasional dan Internasional, BUMN dan Instansi Pemerintah dan swasta yang bergerak dibidang : Export, Import, Surveyor, Asuransi Maritim, Freight Forwarder, Logistic, Bongkar Muat, dan lain sebagainya. Untuk Program Studi D-IV TEKNIKA Prospek Karir sebagai Perwira diatas kapal milik perusahaan Pelayaran Asing dan Domestik atau dalam Industri Pelayaran, On Shore / Off Shore (Pengeboran Minyak), Instansi Pemerintah, TNI / POLRI, Biro Klasifikasi Asing dan Domestik. Dan untuk Program Studi D-IV Nautika Prospek Karir sebagai Perwira diatas kapal milik perusahaan Pelayaran Asing dan Domestik atau dalam Industri Pelayaran, On Shore / Off Shore (Pengeboran Minyak), Instansi Pemerintah, TNI / POLRI, Biro Klasifikasi Asing dan Domestik.

Sekian artikel tentang pospek kerja lulusan PIP. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Fisika Murni


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar