Prospek Kerja Lulusan STIS
Siker.id | 31 Mar 2022 17:00


Bagikan ke
Prospek kerja STIS. (siker)

siker.id - Buat kamu siswa SMA/SMK/sederajat khususnya kelas 12 yang lagi mikirin masa depan mau lanjut pendidikan di mana, kali ini aku mau bahas tentang Perguruan Tinggi Ikatan Dinas. Pasti banyak di antara kalian yang bermimpi untuk berkuliah di Ikatan Dinas, biar setelah lulus gak perlu pusing-pusing cari kerja lagi. Apalagi banyak orang tua yang selalu mendorong anaknya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satu kampus Ikatan Dinas favorite adalah Politeknik Statistika STIS.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Bea Cukai

Profil Politeknik Statistika STIS

Bagi kamu peminat kuliah kedinasan, Politeknik Statistika STIS pasti udah gak asing lagi buat kamu. Yap, berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) secara fungsional memang ia berada di bawah naungan Kepala BPS, namun secara teknis segala urusan pendidikan di STIS berada di bawah naungan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (MENRISTEKDIKTI).

Dalam perjalanannya, STIS ini tidak berdiri begitu aja dengan mudahnya lho. Ada sejarah panjang yang telah ditempuhnya hingga menjadi politeknik favorit seperti saat ini. Pada tahun 1958, berdiri Akademi Ilmu Statistik (AIS) yang bertujuan untuk mendidik tenaga pelaksana kegiatan statistik pada tingkat semi ahli yang mampu untuk melaksanakan dan mengembangkan perstatistikan nasional. AIS juga mendapatkan bantuan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melalui Statistical Research and Development Centre. Kemudian, pihak BPS bekerjasama dengan badan PBB, UNDP. Selanjutnya, pada tahun 1964, BPS mendirikan Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS) dengan mahasiswanya berasal dari lulusan AIS dan dosennya dari PBB. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendidikan bagi lulusan AIS. Namun, setelah Indonesia memisahkan diri dari PBB, PTIS ditutup dan AIS tetap berjalan. Pada tahun 1998, STIS melalui persetujuan Ditjen Dikti dan Keppres, maka STIS berdiri di bawah naungan BPS dengan dua jurusan: Statistika dan Komputasi Statistik. Setelah berjalan hingga tahun 2018, STIS berubah nama dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS dan resmi di-launching pada tanggal 28 Maret 2018.

Buat kamu yang bermimpi dan tertarik untuk kuliah di STIS, yuk pantengin terus Sikers sampai selesai dan sampai kamu udah gak nemuin lagi informasi apapun di sini!

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Politeknik Keimigrasian

Prospek kerja STIS

Lulusan STIS memiliki gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat) untuk jenjang D-III dan Sarjana Terapan Statistik (S.Tr.Stat) untuk jenjang D-IV. Mahasiswa yang lulus dari Politeknik Statistika STIS berstatus ikatan dinas pada Badan Pusat Statistik (BPS). Sehingga, setelah lulus pasti akan menjadi CPNS atau calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di BPS dan ditempatkan di seluruh unit kerja BPS. Untuk lulusan D-III kamu akan masuk golongan II/c dan akan ditugaskan di BPS seluruh Indonesia. Sedangkan lulusan D-IV akan mendapatkan golongan III/a dan akan ditugaskan di BPS/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh Indonesia.

Kamu harus siap ditempatkan dimanapun lho, guys. Seperti di pusat, Provinsi, atau Kabupaten/Kota. Setelah lulus, para lulusan STIS ini akan menjalani orientasi kerja atau biasa kita kenal sebagai magang di BPS. Lama waktu magangnya sampai SK pengangkatan CPNS terbit.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan STIS. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Penerbangan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar