icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagi Lulusan Ilmu Gizi, Ini Prospek kerjanya
Siker.id | 16 Nov 2021 14:15


Bagikan ke

siker.id - Ilmu gizi adalah salah satu jurusan di bidang kesehatan yang mempelajari segala hal tentang gizi dan nutrisi yang sesuai dan dibutuhkan oleh manusia. Di masa perkuliahannya pun, mahasiswa gizi tak hanya menghitung kalori tetapi juga dibekali dengan mata kuliah kuliner hingga teknologi pangan.

Untuk kamu mahasiswa gizi yang sedang kuliah atau sudah lulus, perlu melihat prospek kerja untuk lulusan gizi. Jurusan ilmu gizi ini memang jadi salah satu yang banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia karena peluang kerjanya cukup besar.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Memperkenalkan Diri Melalui Telepon

Peluang kerja lulusan gizi juga cukup luas. Ini peluang dan prospek kerja lulusan ilmu gizi:

1. Konsultan Gizi

Sebagai lulusan jurusan ilmu gizi Kamu bisa bekerja sebagai konsultan gizi. Konsultan gizi banyak dibutuhkan di berbagai tempat dan perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Tugas Kamu di perusahaan tersebut adalah memberikan saran terkait jumlah nutrisi yang baik dikonsumsi oleh manusia.

2. Staf Institusi Pemerintah

Kamu bisa bekerja di instansi pemerintah contohnya di BPOM. Kamu bisa menjadi bagian dari tim yang menentukan apakah suatu produk sudah sesuai untuk mendapatkan izin dari BPOM atau tidak.

3. Staf Lembaga Kesehatan Masyarakat

Kamu bisa bekerja sebagai staf di lembaga kesehatan masyarakat. Banyak lembaga kesehatan masyarakat yang membutuhkan ahli gizi. Beberapa contoh lembaga kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia yaitu puskesmas, posyandu, hingga klinik. Tugas Kamu di antaranya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi.

4. Pengendalian mutu produk dan kesehatan

Prospek kerja ilmu gizi sebagai pengendali mutu cukup terbuka bagimu. Kamu bisa bekerja di rumah sakit, restoran, ataupun sekolah.

Jika memilih untuk bekerja di rumah sakit, kamu akan bertanggung jawab dalam mengatur dan mempersiapkan makanan setiap pasien.

Tidak hanya itu, kamu harus bisa menyesuaikan makanan dengan jenis penyakit ataupun alergi yang diderita pasien.

Di restoran, kamu akan bertanggung jawab dalam penyediaan bahan makanan yang berkualitas dan pastinya memiliki standar kesehatan yang baik.

Kamu juga harus memastikan tempat penyimpanan bahan makanan selalu bersih, agar makanan terjaga dengan baik.

Ketika bekerja di sekolah yang menyediakan makanan, kamu nantinya akan bertanggung jawab dalam merancang daftar makanan yang memiliki ketentuan 4 sehat 5 sempurna.

Baca juga: Tugas dan Tanggung Jawab Recruitment Staff, Selengkapnya

5. Tenaga pendidik

Prospek kerja yang satu ini merupakan salah satu yang paling umum. Menjadi seorang tenaga pendidik merupakan salah satu opsi masa depan yang dapat kalian pilih.

Sebagaimana dosen ilmu gizi kalian saat ini, kalian mungkin saja memiliki tugas yang sama dengan dosen kalian nantinya.

Kalian akan disibukkan dengan rutinitas belajar mengajar. Tentunya, menjadi seorang tenaga pendidik merupakan salah satu pekerjaan yang mulia, sebab kalian memiliki peran dan tanggung jawab dalam membangun masa depan bangsa.

Menjadi seorang tenaga pendidik membutuhkan niat yang tulus dan sabar, sebab kalian akan menghadapi berbagai perilaku didikan kalian nantinya.

Nah, itulah penjelasan mengenai prospek kerja jurusan ilmu gizi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu bahwa profesi lulusan jurusan Ilmu Gizi itu juga banyak ya.

Baca juga: Manfaat Bekerja Sesuai Passion dan Kapasitas diri

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar