3 Tips Menghadapi Lingkungan Kerja yang Toxic
Siker.id | 31 Mar 2022 12:00


Bagikan ke
Menghadapi lingkungan kerja yang toxic. (siker)

siker.id - Memiliki pekerjaan sudah pasti jadi impian setiap orang. Terlebih lagi bila beban di tempat kerja yang dimaksud sudah sesuai dengan jumlah gaji yang diterima. Serta tempat kerjanya nyaman dan cukup terpandang sehingga bisa bikin orangtua merasa bangga.

Sayangnya, dalam setiap tempat kerja pasti ada hal yang bikin kamu tidak nyaman. Salah satunya adalah lingkungan kerja yang terkesan toxic. Seperti misalnya atasan yang terlalu ngebossy, rekan kerja yang senang menggosip di kantor dan saling menjatuhkan, serta berbagai tipe orang yang bikin gak betah di kantor. Berikut ini cara kamu menghadapi lingkungan kerja yang toxic.

Baca juga: Berikut Tips Hadapi Atasan yang Toxic

Tegas dan gak gampang dimanfaatkan

Berbagai tipe orang toksik di tempat kerja pasti akan senang memanfaatkan seseorang yang terlihat lemah dan penurut. Jadi, pastikan kamu gak menjadi salah satunya. Gak usah merasa gak enak untuk menolak sesuatu yang gak sanggup kamu lakukan. Cukup lakukan pekerjaan sesuai dengan beban kerjamu aja. Semakin kamu berlebihan dan berusaha menyenangkan hati semua orang, mereka justru semakin senang memanfaatkanmu.

Berani mengambil pilihan dan menanggung risikonya

Jika memang sudah melewati batas dan ingin resign, kamu harus sudah memikirkan semuanya dengan matang. Lingkungan kerja yang toksik memang cenderung membuat kita gak betah dan selalu berpikir untuk berhenti aja. Namun ingat, jangan sembarangan mengambil keputusan. Kamu sudah harus memikirkan risikonya juga.

Tempat kerja memang akan selalu membuat kita bertemu dengan orang yang memiliki beragam karakter. Jika hanya satu rekan kerja yang toksik mungkin masih bisa dihadapi.

Baca juga: 3 Ciri yang Menunjukkan Orang Disekitarmu Toxic

Lebih mengandalkan diri sendiri

Jika lingkungan kerjamu toksik dan sebenarnya sangat mengganggu kinerjamu, ada baiknya untuk semakin mengandalkan diri sendiri dalam berbagai situasi. Semakin kamu bergantung dengan orang lain, semakin kamu mudah dikecewakan. Hal ini bisa semakin berimbas pada kesehatan mentalmu, lho.

Cukup lingkungan kerja aja yang toksik. Jangan sampai kamu jadi bertambah stres memikirkan betapa menyebalkannya hari-harimu saat bekerja.

Sekian artikel tentang cara menghadapi lingkungan kerja yang toxic. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 4 Ciri Toxic Leadership


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar