icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Daftar Kemampuan yang Dibutuhkan saat Bekerja
Siker.id | 30 Mar 2022 18:30


Bagikan ke
Kemampuan yang dibutuhkan dalam bekerja. (siker)

siker.id - Beberapa kemampuan wajib dimiliki oleh karyawan agar dapat bertahan di dunia kerja. Pasalnya, iklim dunia kerja cukup berbeda dengan saat Anda masih sekolah atau kuliah. Lalu anda masih bingung kemampuan apa saja yang harus dimumpuni saat kerja?

Berikut ini beberapa daftar kemampuan saat kerja:

Baca juga: Tips Memaksimalkan Waktu agar Tidak Terbuang Percuma

Kemampuan yang dibutuhkan

Menurut Kemnaker, setidaknya ada empat kemampuan yang wajib dimiliki pekerja yaitu tahan banting, punya kesabaran ekstra, sebisa mungkin bisa ikhlas, hingga memiliki mental yang kuat. Tanpa kemampuan itu, perusahaan akan dengan mudah menggantikan Anda dengan karyawan yang lebih kompeten.

Kemampuan yang bermanfaat

Kemampuan selanjutnya akan menunjang karier Anda. Terdapat empat kemampuan yaitu kerja sama dan kolaborasi, time management dan pembagian tugas, cepat beradaptasi, serta kreatif , dan problem solver. Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan iklim kerja tim akan membuat pekerjaan jadi lebih cepat selesai. Oleh karena itu, mulailah bangun kebiasaan-kebiasaan tersebut dari sekarang.

Mengenal teknologi

Di era teknologi seperti ini, kemampuan menggunakan berbagai macam teknologi merupakan hal penting yang harus dimiliki. Kemampuan ini juga melibatkan penggunaan media sosial, bekerja dengan perangkat lunak desain atau pengeditan video atau mengetahui bahasa pemrograman. Keterampilan teknologi lainnya berkaitan dengan perangkat keras, mesin kasir, kamera, atau studio rekaman.

Baca juga: 3 Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses

Mengatur rencana

Skill pekerjaan yang harus dimiliki selanjutnya adalah membuat rencana dan mengatur. Kemampuan ini berarti merencanakan apa yang harus dikerjakan dan bagaimana kalian mengaturnya. Kemampuan membuat rencana dan mengatur juga melibatkan mengembangkan waktu sebuah projek dan membuat batas waktu dalam pekerjaan.

Mempunyai niat atau inisiatif

Berinisiatif dan berusaha berarti mencari sesuatu yang harus dikerjakan tanpa harus disuruh. Kemampuan ini melibatkan berpikir kreatif untuk meningkatkan pekerjaan sebelumnya.

Manajemen pribadi

Manajemen pribadi berarti mampu mengerjakan sesuatu sendiri tanpa dicek oleh orang lain setiap saat. Kedua adalah memiliki deadline sendiri dan dapat menyelesaikannya dengan baik. Ketiga adalah mampu memberikan tugas kepada orang lain untuk memastikan tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Sekian artikel tentang kemampuan yang dibutuhkan dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Work Life Balance Tetap Seimbang


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

TAG :

Komentar