icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips agar Terlihat Luar Biasa saat Rapat
Siker.id | 29 Mar 2022 17:00


Bagikan ke
Tips terlihat luar biasa saat rapat. (siker)

siker.id - Rapat merupakan salah satu sarana bagi Anda agar bisa lebih dikenal oleh para rekan kerja dan atasan. Selain itu, rapat juga bisa mengembangkan wawasan serta kemampuan komunikasi Anda. Bahkan, sang atasan bisa menilai potensi karyawan dari sebuah rapat, lho!

Berikut ini beberapa tips handal terlihat luar biasa saat rapat:

Baca juga: Beberapa Kebiasaan Buruk yang Bisa Dihindari saat Rapat

Berpenampilan yang Baik

Ketika menghadiri rapat, Anda harus bisa berpenampilan baik. Selain membuat peserta meeting terkesan, penampilan yang baik akan menambah rasa percaya diri. Bagaimana mewujudkannya? Penampilan yang baik bisa diwujudkan sesuai sifat rapat misalnya jika Anda menghadiri rapat formal, pakailah pakaian rapi dan menarik.

Persiapkan Materi

Jangan sekali-kali nekat membiarkan otak kosong ketika akan menghadiri rapat. Dalam arti lain, sebelumnya Anda harus mempersiapkan materi. Meskipun tidak melakukan presentasi, Anda akan memahami detail konten rapat dengan mempelajari materi terlebih dulu. Pada akhirnya Anda bisa mengajukan, menjawab pertanyaan, atau menanggapi pernyataan dengan kritis.

Mengapresiasi argumen orang lain

Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dalam rapat. Justru perbedaan ini menjadi kesempatan Anda agar bisa menghargai pendapat orang lain dan memaksakan kehendak, sehingga mampu menjaga situasi tetap kondusif. Dengan begitu, secara otomatis Anda sudah menampakkan sisi positif Anda di hadapan atasan.

Baca juga: 4 Cara Membuat Rapat Kerja Lebih Efektif

Gunakan Bahasa yang Baik

Bahasa yang baik sangat diperlukan ketika Anda mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, menanggapi pernyataan, atau mengungkapkan pendapat. Dengan bahasa yang baik, orang lain akan menghargai apa yang Anda sampaikan dan tentunya terhindar dari pandangan negatif. Sebagai gantinya, Anda akan membuat sang atasan menjadi terkesan.

Berperan Aktif

Demi mencapai mufakat dalam rapat, perlu dilakukan diskusi. Berkaitan dengan tips kedua, Anda pasti bisa tergabung dalam diskusi sebagai anggota rapat yang aktif. Hindari menjadi anggota yang pasif, sebab itu akan mematikan reputasi Anda, terutama di hadapan atasa hingga bawahan anda. Sekiranya anda tidak aktif mungkin dapat dinilai belum begitu handal.

Sekian artikel tentang tips terlihat luar biasa saat rapat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Membuat Notulensi saat Rapat


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

TAG :

Komentar