3 Tips Penghematan ala Anak Kost
Siker.id | 29 Mar 2022 14:00


Bagikan ke
Penghematan ala anak kost. (siker)

siker.id - Pada tahun 2022 ini, banyak universitas sudah mulai menerapkan sistem hybrid atau perkuliahan tatap muka terbatas serta untuk persiapan mulai kuliah offline kembali, nih. Akhirnya, mahasiswa baru di masa pandemik bisa ngerasain jadi anak kos setelah sekian lama harus merasakan kuliah online.

Eits, tapi jangan senang dulu. Jadi anak kos ternyata ada tantangannya sendiri, loh. Untuk kamu yang pertama kali merasakan kost dan bisa survive di kehidupan anak kos, kamu harus tahu caranya berhemat. Yuk, simak tips berhemat ala anak kos berikut ini!

Baca juga: 3 Sikap agar Mahasiswa Cepat Berkembang

Pintar-pintar cari promo

Saat ini, sudah banyak aplikasi berbelanja online yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Sebagai anak kost, kamu harus jeli mencari promo yang menguntungkan buat kamu.

Promo di aplikasi belanja online merajalela terutama saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Biasanya, promo berupa diskon dan cashback.

Jangan gak enakan menolak nongkrong

Kalau budgetmu sudah habis dan temanmu ada yang mengajak nongkrong, jangan malu untuk menolak! Kamu bisa bilang dengan jujur kalau kamu lagi berusaha berhemat dan saat ini belum bisa ikut nongkrong dulu.

Kalau mereka teman yang peduli denganmu, mereka pasti mengerti, kok. Sebaliknya, kalau mereka terus memaksamu, kamu harus bisa tegas dalam menerapkan batasan.

Baca juga: Tips Mahasiswa Baru Memilih Organisasi Kampus

Masak sendiri

Tips yang satu ini memang agak ribet, sih. Terutama, kalau kamu tipe orang yang mageran. Tapi, kalau kamu melakukan ini, kamu bakal bisa memangkas banyak pengeluaran! Beli bahan makanan dan memasak sendiri akan jauh lebih murah dibanding jajan.

Sudah banyak resep mudah dan praktis yang bisa kamu akses di internet. Selain berhemat, skill memasak pastinya bakal sangat berguna di kehidupanmu!

Sekian artikel tentang beberapa tips berhemat ala anak kost. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Peran Penting Desain Grafis Bagi Mahasiswa


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar