Prospek Kerja Jurusan Teknik Penerbangan
Siker.id | 28 Mar 2022 21:00


Bagikan ke
Prospek kerja teknik penerbangan. (siker)

siker.id - Jurusan Teknik Penerbangan atau yang sering juga disebut dengan nama Teknik Dirgantara merupakan jurusan yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan teknis pesawat, penerbangan serta kedirgantaraan. Jika kamu tekun mempelajari ilmu tersebut bukan tidak mungkin kalau suatu saat nanti akan menjadi penerus B. J. Habibie di dunia kedirgantaraan Indonesia.

Saat belajar di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang mesin pesawat, bagaimana teknisnya, teknologi transportasi udara, dan masih banyak hal menarik dalam penerbangan lainnya. Atau pengertian sederhananya, Teknik Penerbangan adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk merancang pesawat, membuatnya, bahkan mengoperasikannya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedik

Selain itu di jurusan ini kamu belajar juga tentang pesawat luar angkasa dan satelit bahkan roket serta berbagai wahana antariksa. Sebuah pilihan jurusan tidak biasa yang akan membuat kamu menjadi sosok from zero to hero. Saat lulus nanti, pilihan pekerjaan dan karier bergaji fantastis siap menanti kamu!

Lalu apakah seorang lulusan Teknik Penerbangan nantinya bisa juga menjadi pilot? Hmm, inilah persepsi yang biasanya ada di benak teman-teman padahal itu keliru lho! Seorang lulusan Teknik Penerbangan tidak akan pernah menjadi pilot pesawat komersial karena memang tidak mempelajari tentang mengemudikan pesawat. Pilot merupakan lulusan dari sekolah penerbangan bukan Teknik Penerbangan.

Menjadi lulusan teknik dirgantara, bisa mendapatkan kompetensi yang bisa menunjang karier seperti berikut ini:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

1. Airport engineer (Ahli Teknik Bandar Udara), keahlian menyusun rencana dan desain bandar udara antara lain runway, taxiway, terminal, airport pavement design, grading drainage, termasuk visual aids dan air traffic control

2. Airport operation engineer (Ahli Teknik Operasi Bandar Udara), keahlian menganalisis dan mengevaluasi operasi dan kelaikan sistem bandar udara

3. Airport researcher (Ahli Peneliti Bandar Udara), keahlian melakukan pengembangan sistem dan menemukan solusi untuk teknologi kebandarudaraan di masa mendatang.

Berikut prospek kerja di sektor industri kedirgantaraan yaitu:

• Industri manufaktur

• Industri komponen kedirgantaraan, baik komponen-komponen avionika/optronika, hidrolika/landing-gear, maupun komponen standar

Industri jasa, meliputi jasa perawatan, jasa angkutan udara, maupun jasa telekomunikasi satelit Untuk sektor lembaga penerbangan yang juga membutuhkan sarjana Teknik Dirgantara yakni:

• Lembaga penelitian

• Lembaga pendidikan

• Lembaga pemerintahan

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Marketing


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar