Tips Meyakinkan Diri Pekerjaan bisa Menjadi Berkah
Siker.id | 28 Mar 2022 20:00


Bagikan ke
Meyakinkan diri pekerjaan bisa jadi berkah. (siker)

siker.id - Selalu ada ekspektasi bahwa kita mesti menjalani karier yang sesuai dengan latar belakang pendidikan. Bagaimana kalau tidak? Masuk kuliah sudah susah, keluarnya lebih susah, mahal dan menghabiskan waktu pula. Di sisi lain, bukan tak mungkin kita diterima di tempat kerja yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Bukan tak mungkin juga, kita yang selama kuliah selalu merasa salah jurusan akhirnya kembali menggeluti rencanamu yang asli. Gelar Sarjana Ekonomi biar ada di ijazah saja. Untuk menyambung hidup, kamu lebih memilih bekerja beda dengan jurusanmu. Mungkin pilihan pekerjaan yang tak sesuai jurusan ini akan membuat beberapa orang terdekatmu menaikkan alis. Tapi yakinkan mereka, pekerjaan yang tak sesuai dengan jurusan pendidikan kita justru bisa menjadi sebuah berkah! Berikut beberapa tips myakinkan seseorang :

Baca juga: Mengeluh Karena Pekerjaan? Ini Tips Mensyukuri Pekerjaan

Dengan bekerja di tempat yang “tak biasa”, kamu bisa mendapatkan kemampuan baru

Mungkin kamu seorang Sarjana Kimia yang cakap dalam memanipulasi reaksi senyawa, namun sekarang justru bekerja di bidang desainer. Mungkin kamu seorang Sarjana Politik, tapi malah berkecimpung di bidang periklanan. Bukankah selama bekerja di tempat-tempat itu kamu sudah mempelajari banyak sekali hal baru? Dengan kerja di firma desain, kamu tak perlu ambil les privat untuk mengembangkan bakatmu dalam menggambar. Dengan jadi adman, kamu tidak perlu susah payah mencari mentor untuk mengembangkan kreativitasmu.

Pekerjaanmu yang sekarang bisa membantumu mengasah bakat

Dengan pekerjaan ini, kamu bisa menekuni minatmu ketika kecil dulu . Pekerjaan yang “nggak nyambung” dengan jurusan kuliahmu adalah anugerah, karena kamu memanfaatkannya untuk mengasah minat dan bakat yang tak sempat kamu kembangkan dengan maksimal di jenjang perkuliahan. Punya banyak kemampuan dan keahlian adalah tanda bahwa kamu spesial. Misalnya, mungkin kamu adalah Sarjana Teknik Industri, tapi kamu selalu punya ketertarikan di bidang bisnis. Bekerja di bank dan mengelola kredit nasabah terbukti begitu membantu mengasah insting bisnismu.

Baca juga: 5 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tinggi

Pekerjaan yang tak sesuai jurusan memang membuka perspektif baru

Pekerjaan yang tak biasa akan membuka perspektif baru . Bekerja di luar bidang yang selama ini kamu pelajari di kampus justru bisa membuatmu matamu terbuka. Pola pikirmu menjadi lebih berkembang karena kamu diekspos pada dunia yang sebelumnya asing bagimu.

Mungkin selama menjadi mahasiswa kamu selalu super santai soal penampilan. Maklum, mahasiswa Sastra. Namun ketika takdir membawamu menjadi sekretaris direksi, tentu kamu harus belajar tampil rapi dan disiplin. Pola pikirmu yang dulu penampilan nomor sekian, yang penting tak bisa dipakai lagi.

Bekerja tak sesuai jurusan bukan berarti ilmumu sia-sia

Kemampuanmu jelas tak sia-sia. Inilah saatnya kamu mengaplikasikan ilmumu dengan cara yang berbeda. Misalnya, kamu Sarjana Matematika yang terjun sebagai pelawak. Hei, pakai saja kemampuanmu berpikir logis untuk membuat suatu joke baru. Jurusan-jurusan lain pun juga punya benang merah yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai pekerjaan.

Sekian artikel tentang meyakinkan diri pekerjaan yang tidak sesuai bisa jadi berkah. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Jalan Mewujudkan Pekerjaan Impian


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar