Berikut Tips Mencari Tempat Magang yang Pas
Siker.id | 28 Mar 2022 18:00


Bagikan ke
Memilih tempat magang yang pas. (siker)

siker.id - Program magang menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh mahasiswa ketika memasuki semester 5 atau tingkat akhir. Namun, tidak jarang ditemukan pula mahasiswa di bawah semester 5 juga mengikuti program magang. Biasanya mereka yang mengikuti program magang dikarenakan mereka memiliki keinginan untuk melatih soft skill, hard skill, menambah pengalaman kerja, serta belajar membangun relasi. Oleh karena itu, kamu perlu mencari dan memilih tempat magang yang sesuai dengan jenjang karirmu. Kali ini, Sikers akan membagikan tips mencari tempat magang yang tepat untukmu yang akan membantumu dalam membentuk pola karier ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Tips Jitu menjadi Karyawan Tetap saat Magang

Lakukan riset mengenai perusahaan impianmu

Sebelum kamu memulai magang, pastikan dulu kamu telah melakukan riset mengenai perusahaan atau tempat magang impianmu. Dengan melakukan riset, maka kamu akan tahu mengenai latar belakang perusahaanmu, prosedur penerimaan magang, posisi yang dibutuhkan, hingga jadwal kerjanya. Apabila bekerja secara WFO, pertimbangkan juga lokasi tempat magang dengan tempat tinggalmu.

Pastikan membuka kesempatan dengan posisi yang sesuai

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memastikan bahwa tempat magang incaranmu membuka posisi magang yang sesuai dengan latar belakang pendidikan. Hal ini berkaitan dengan ilmu praktik dan teori yang telah diberikan di ruang kelas perkuliahan. Apabila kamu menjalani magang yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu, maka akan memberikan gambaran tentang peluang karier yang bisa kamu tekuni.

Baca juga: 3 Tips Mengelola Gaji Magang dengan Baik

Tentukan durasi magang

Perhatikan juga durasi magang yang ditawarkan di perusahaan incaranmu. Biasanya magang akan berlangsung selama tiga hingga enam bulan. Kamu bisa memilih durasi magang dan sistem kerja yang sekiranya tidak memberatkanmu. Sesuaikan juga dengan jadwal kuliah dan pastikan untuk tidak menganggu prioritas utamamu.

Mulai kirim CV sesuai dengan posisi yang dilamar

Setelah melakukan riset dan menentukan pilihan durasi magang yang sesuai, segeralah untuk mulai mengirim CV (curriculum vitae) sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar. Tidak jarang juga perusahaan meminta kepada calon mahasiswa magang untuk mengirimkan portofolio yang sesuai dengan posisi yang dilamarnya.

Tetapi sebelum itu, perhatikan penulisan dalam CV mu tidak ada typo serta ringkas dan menarik. Pastikan bahwa apa yang kamu tulis di CV adalah benar adanya. Sesuaikan penulisan CV dengan permintaan perusahaan tempat magangmu, apakah menginginkan CV kreatif atau CV yang ATS Friendly.

Sekian artikel tentang tips memilih tempat magang yang pas. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Manfaat Magang Bersertifikat Bagi Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar