Berikut 4 Kerja Part Time Bagi Mahasiswa
Siker.id | 28 Mar 2022 17:00


Bagikan ke
Kerja part time untuk mahasiswa. (siker)

siker.id - Sebagai seorang mahasiswa kewajiban utamamu adalah menimba ilmu di kampus dengan sebaik-baiknya. Untuk persoalan uang kebutuhan sehari-hari, kamu nggak perlu pusing-pusing mikirin karena orangtuamu masih akan menanggung sepenuhnya. Tapi masalahnya, uang saku yang diberikan orangtuamu itu seringkali kurang mencukupi kebutuhan bulananmu. Nah, karena itulah kamu perlu berusaha sendiri untuk menambah pundi-pundi uang di dompetmu. Salah satunya adalah dengan bekerja paruh waktu sebagai freelancer.

Berikut ini beberapa kerja part time yang cocok untuk mahasiswa :

Baca juga: 5 Pekerjaan Part-Time untuk Mahasiswa

Penulis

Kalau kamu punya bakat menulis yang cukup baik, jangan sia-siakan begitu saja. Kalau kamu memang merasa punya kemampuan yang baik dalam menulis dan menyusun kata-kata, kenapa kamu nggak coba untuk menjadi seorang penulis lepas? Jadi seorang penulis lepas gak menyita banyak waktumu kuliah dan belajarmu kok.

Kamu bisa cari-cari info tentang loker penulis lepas di internet, banyak sekali yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk menulis artikel-artikel sesuai dengan orderan. Jangan takut juga untuk mencoba melamar ke beberapa website media online, tanyakan dulu apakah terdapat loker untuk penulis paruh waktu.

Tour Guide

Jika kamu menuntut ilmu di sebuah perguruan tinggi yang terletak di daerah wisata dan ditambah lagi kalau kamu adalah penggiat traveling, kamu bisa bekerja paruh waktu sebagai seorang pemandu wisata. Cobalah melamar sebagai seorang pemandu wisata paruh waktu di travel agent atau tempat-tempat wisata yang membutuhkan seorang pemandu.

Ambilah waktu kerja di akhir pekan, pasti tidak akan mengganggu jadwal perkuliahan atau belajarmu. Selain bisa menambah penghasilanmu, kamu bisa jalan-jalan gratis dan bertemu orang-orang baru setiap minggunya.

Baca juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?

Guru Privat

Selain karena uang, gak ada salahnya kalau motivasimu untuk bekerja adalah untuk berbagi ilmu yang kamu punya. Kalau kamu adalah mahasiswa dari jurusan MIPA, kamu bisa menawarkan jasamu jadi guru privat untuk anak-anak SMA.

Atau kamu punya kemampuan berbahasa asing yang mumpuni? Kenapa nggak coba melamar kerja di tempat kursus bahasa asing atau guru les privat bahasa asing untuk anak-anak sekolah? Orangtua rela lho mengeluarkan uang banyak supaya anak-anak mereka bisa mendapatkan bimbingan khusus dari guru les privat. Jadi guru les privat memang harus punya kesabaran yang ekstra.

Reporter atau Kontributor

Kalau kamu kuliah di jurusan jurnalistik, atau kamu memang punya minat di dunia jurnalistik bisa menjajal bekerja sebagai free lancer reporter atau kontributor. Banyak media cetak atau elektronik nasional yang membuka loker part time bagi mahasiswa yang bersedia untuk jadi reporter atau kontributor di daerah kecil. Tugasmu adalah memberikan laporan pandangan mata atau membuat berita mengenai kondisi di daerah tempat tinggalmu.

Sekian artikel tentang 5 kerja part time untuk mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Alasan Quality Time Penting Menjaga Keseimbangan Hidup


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar