Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedik
Siker.id | 25 Mar 2022 21:15


Bagikan ke
Prospek kerja jurusan teknik biomedik. (siker)

siker.id - Setiap kali pergi ke rumah sakit, pastinya kamu pernah melihat deretan alat-alat canggih masa kini seperti pengukur detak jantung, CT-Scan, MRI, hingga mesin yang digunakan untuk rontgen? Nah, semua peralatan tersebut merupakan hasil dari pengembangan teknologi, dan ilmu biomedis banyak diterapkan di dalamnya. So, Jurusan Teknik Biomedis merupakan gabungan dari dua ilmu penting yaitu ilmu teknik atau engineering dan ilmu medis atau kedokteran.

Tujuan dari bidang ilmu ini sebenarnya untuk mengembangkan teknologi dalam bidang kedokteran atau medis. Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat untuk mempermudah proses diagnosis, rehabilitasi, pengobatan, dan penyembuhan pasien. Lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa melakukan pengukuran, perawatan, dan kalibrasi peralatan medis yang ada di rumah sakit. Tidak sekedar itu, para lulusan Teknik Biomedis juga diharapkan bisa mengembangkan teknologi atau perangkat baru yang berguna di bidang kesehatan. Apalagi jumlah penduduk di dunia kian meningkat yang pastinya membuat kebutuhan akan seorang ahli bidang kesehatan turut mengalami peningkatan juga.

Di jurusan ini mahasiswa akan diajarkan tentang kelistrikan, ilmu biologi, kedokteran, ilmu kimia, ilmu komputer, ilmu elektro, dan banyak lagi ilmu yang spesifik di bidang biomedis dan keteknikan. Mahasiswa Jurusan Teknik Biomedis akan berteman baik dengan peralatan-peralatan medis dan hal-hal yang berbau kesehatan. Karena itu, mahasiswa diharuskan memiliki dasar pengetahuan yang kuat di bidang ilmu sains atau kedokteran dan ilmu teknik.

Berikut ini beberapa prospek kerja teknik biomedik :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Metalurgi

Pelayanan kesehatan (clinical engineer).

Peran tenik biomedis berkaitan dengan pelayanan kesehatan. Keahlian Teknik Biomedis sangat dibutuhkan sekali baik dalam membantu melakukan pemilihan alat kesehatan, uji performa alkes, dan juga menyusun prosedur pemeliharaan dari berbagai peralatan kesehatan. Banyaknya klinik dan rumah sakit tentu, memberi peluang bagi mereka yang luusan jurusan ini.

Desainer di industri perangkat biomedika (biomedical design engineer)

Bukan hanya terampil dan ahli pada bidang klinis dalam kegiatan pelayanan kesehatan / yang berkaitan dengan hambatan di lapangan akan tetapi, Jurusan Teknik Biomedis bisa memberikan berbagai pilihan solusi yang tepat sebagai desainer atau pengembang di industri perangkat biomedika. Tidak sedikit, perusahan alat kesehatan (alkes) yang membutuhkan mereka para ahli dibidangnya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Bisnis Manajemen

Peneliti di dunia akademik (research scientist).

Apabila mereka yang memiih jurusan ini konsisten, secara individu tentu mereka akan lebih banyak berhadapan dengan tantangan untuk melakukan penelitian, peluang eksplorasi dan membuat konsep yang bisa dimanfaatkan. Tidak sedikit jurusan ini melahirkan para ilmuan yang mengembangkan Peralatan dan juga metoda (biomedika) baru, pengembangan Teknologi nano dan molecular dan juga pengembangan Teknologi untuk deteksi dini dalam bidang kesehatan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan teknik biomedik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Astronomi, Lengkap !


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar