Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin
Siker.id | 25 Mar 2022 20:30


Bagikan ke
Prospek kerja jurusan teknik mesin. (siker)

siker.id - Jurusan Teknik Mesin tidak melulu soal mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya nih sikers . Tapi kamu juga akan belajar hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material. Memang benar sih, secara umum kamu akan mempelajari mesin dengan menggunakan dasar fisika dan matematika seperti pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material dan desain mesin, elemen penting seperti roda gigi dan sumber mata air, metode pengolahan, metode produksi, pengendalian melalui komputer, dsb.

Peluang karier untuk lulusan Teknik Industri sangat besar, Sikers ! Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Begitu pula dengan gaji yang kompetitif untuk entry level.

Berikut ini beberapa bidang karier yang bisa kamu pilih setelah lulus dari Teknik Mesin:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Matematika Murni

Machine Learning Engineer

Selama beberapa tahun belakang ini, dunia teknologi telah memaksa masuknya kecerdasan buatan ke dalam perusahaan dengan cepat. Seorang machine learning engineer atau ML engineer merupakan pemogram komputer namun berfokus dalam melakukan programming ke mesin untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Kamu akan bertugas dalam membuat program yang memungkinkan mesin untuk mengambil sebuah tindakan tanpa diarahkan untuk melakukan suatu tugas. Mesin tersebut akan diprogram misalnya akan melihat apa yang kamu tonton, membandingkan dengan kebiasaan dan preferensi, lalu kemudian merekomendasikan daftar pilihan yang menurutnya akan kamu tonton.

Robotic Engineer

Barangkali kamu lulusan teknik mesin yang suka dengan dunia robotik maka kamu bisa menjadi seorang robotic engineer. Seorang insinyur robotik bertanggung jawab dalam menciptakan robot dan sistem robotik yang bisa melakukan tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh manusia.

Sebelum pembuatan robot, para engineer akan meneliti dan menentukan dengan tepat untuk apa robot tersebut akan digunakan. Beberapa profesional robotik akan bertanggung jawab dalam merancang mesin untuk merakit robot. Setelah proses desain selesai maka baru akan melanjutkan ke arah perakitan unit. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang robotic engineer dibutuhkan kesabaran dan kerja keras untuk mencapai tujuan dalam pembuatan robot.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Automation Engineer

Hampir mirip dengan robotic engineer, salah satu prospek kerja teknik mesin yang lain yaitu automation engineer. Walaupun terkadang proses robot dan otomasi bisa berlangsung secara bersamaan dan saling berhubungan, namun keduanya tetap berbeda. Robotika merupakan proses dari mendesain, membuat, dan menggunakan robot untuk menjalankan berbagai tugas tertentu.

Saat ini, automation engineering sangat penting menjadi bagian dari berbagai industri karena akan melakukan penyederhanaan proses yang bisa menghasilkan sistem lebih hemat biaya dan efisien. Industri yang menggunakan rekayasa otomasi antara lain industri farmasi, medis, makanan dan minuman, minyak dan gas, industri pertambangan , ekstraksi logam, dan masih banyak lagi.

Aerospace Engineer

Barangkali kamu merupakan lulusan teknik mesin yang tertarik untuk membuat sesuatu yang bisa terbang maka karir insinyur dirgantara menjadi terbaik untukmu. Aerospace engineer bertugas dalam mendesain, konstruksi, dan pemeliharaan untuk pesawat termasuk pesawat ruang angkasa, peluru kendali, dan sistem senjata.

Sebagai aerospace engineer mungkin kamu akan berfokus pada misalnya keselamatan penerbangan, biaya dari pengoperasian, efisiensi bahan bakar, dan dampak terhadap lingkungan. Aerospace engineer kemungkinan akan punya pilihan dalam sisi penelitian, pengembangan, pengujian, maupun pemeliharaan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan Teknik mesin. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Metalurgi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar