Prospek Kerja Jurusan Statistika
Siker.id | 25 Mar 2022 19:00


Bagikan ke
Prospek kerja jurusan statistika. (siker)

siker.id - Statistika merupakan perpanjangan dari bidang studi Matematika. Bedanya, Statistika lebih fokus ke arah data dan pengolahannya. Sederhananya, jika Sikers kuliah di jurusan Statistika akan mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data ke dalam bahasa yang mudah dipahami sehingga bisa dijadikan sebuah informasi untuk banyak orang.

Banyak banget peluang karier yang menanti Sikers lulusan Statistika. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Karena di era digital seperti sekarang ini, seorang ahli statistika sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah sehingga ilmu statistika yang dipelajari di bangku perkuliahan bisa jadi nilai jual yang patut dibanggakan. Besaran gaji yang ditawarkan untuk Sarjana Sains bidang Statistika sangat bergantung misalnya pada kemampuan, area tempat bekerja, jabatan yang menjadi tanggung jawab Sikers , dan pengalaman yang dimiliki.

Berikut berapa pilihan karier lulusan statistika:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Data Scientists

Walaupun ilmu pengolahan data bukan merupakan ilmu yang baru, akan tetapi ilmu ini sangat dibutuhkan di masa sekarang dan masa yang akan datang. Saat ini semakin banyaknya pertumbuhan data menuntut untuk mengolah data lanjutan menggunakan komputer sehingga bisa lebih cepat dan efisien.

Seorang data scientist bertugas untuk clean up (membersihkan), memproses, dan mengolah big data yang telah dikumpulkan oleh data engineer. Seorang data scientist akan secara reguler berhubungan dengan suatu infrastruktur data, akan tetapi kamu tidak bertugas untuk membangun maupun memeliharanya karena merupakan tugas seorang data engineer.

Jika kamu menjadi seorang data scientist serta punya kemampuan matematika lanjut dan analisis statistik. Maka tugasmu adalah berfokus pada riset pasar dan bisnis untuk mengetahui tren dan peluang dalam suatu bisnis. Banyak perusahaan besar dan perusahaan startup yang membutuhkan pekerjaan sebagai data scientist seperti PT Bank Central Asia, PT Astra Internasional, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Gojek, dan masih banyak lagi.

Data Engineer

Sebagai seorang lulusan statistika, kamu bisa menjadi data engineer yang bertugas dalam mempersiapkan infrastruktur data. Kamu akan dituntut dalam menyiapkan produksi data baik dalam format, realiabilitas data, skalabilitas data, dan keamanan suatu data.

Untuk menjadi data engineer sebaiknya kamu juga memiliki latar belakang sebagai software engineer dan punya kemampuan bahasa pemrograman seperti Java, Python, R, serta SQL. Dengan kemampuan matematika dan statistik yang kuat, diharapkan kamu bisa membantu dalam pendekatan analitik untuk memecahkan masalah dalam suatu bisnis. Selain itu, seorang data engineer akan berkolaborasi dengan data scientist untuk mengubah big data menjadi informasi yang berharga dan bisa dimanfaatkan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan

Data Analys

Prospek kerja dari lulusan statistika yang selanjutnya perlu kamu ketahui nih yaitu Data Analyst. Seorang data analyst bertugas untuk mengambil data, menggunakan jawaban pertanyaan, dan melakukan komunikasi hasil dalam membantu keputusan sebuah perusahaan. Data analyst secara umum akan menyesuaikan banyak peran untuk membuat suatu keputusan yang lebih baik.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan statistika. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar