Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer
Siker.id | 25 Mar 2022 18:15


Bagikan ke
prospek kerja ilmu komputer. (siker)

siker.id - Bagi Kamu yang tertarik dengan pelajaran komputer saat bersekolah ataupun mengutak-atik komputer, maka ada baiknya Kamu memilih jurusan Ilmu Komputer saat lulus SMA nanti. Hal ini karena peluang atau prospek kerja Ilmu Komputer yang cukup menarik dan banyak loh. Apa sajakah itu? Sebelum masuk ke pembahasan mengenai prospek kerja jurusan saintek ini, Kamu perlu berkenalan sedikit dengan jurusan ilmu komputer. Sesuai namanya, Kamu akan belajar segala hal tentang komputer di jurusan ini. Tidak hanya belajar fisik atau hardware dari komputer, Kamu juga akan banyak belajar tentang software atau perangkat lunak komputer dan cara membuatnya. Menarik sekali, kan?

Meskipun banyak yang bilang kuliah di jurusan IT itu sulit dan tugas-tugasnya berat, hal ini setimpal dengan peluang kerja dari jurusan ini. Banyak perusahaan yang saat ini membutuhkan para lulusan ilmu komputer dengan kemampuan yang baik. Seiring dengan berkembangnya dunia digital, kemampuan Kamu juga akan semakin dibutuhkan. Lalu, apa saja peluang atau prospek kerja ilmu komputer yang bisa Kamu pilih?

Berikut ini beberapa prospek kerja ilmu komputer :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Programmer Freelance

Yang pertama, Kamu bisa mencoba peluang kerja sebagai programmer freelance. Pekerjaan ini bisa Kamu tekuni bahkan sejak masih duduk di bangku kuliah. Dengan bekerja freelance, Kamu bisa memiliki portofolio kerja sekaligus memiliki pengalaman untuk memasuki dunia profesional.

Profesi ini berkaitan dengan pembuatan website, program komputer dan lain-lain. Adapun gajinya yaitu mulai dari Rp6.000.000 per bulan.

Pengajar Ilmu Komputer

Prospek kerja berikutnya dari jurusan Ilmu komputer adalah menjadi pengajar ilmu komputer. Profesi ini sangat cocok bagi Kamu yang senang sharing pengetahuan dan tertarik dengan dunia akademik. Kamu bisa memilih untuk menjadi guru di sekolah atau bisa juga menjadi dosen di universitas. Namun untuk menjadi dosen, Kamu harus menyelesaikan pendidikan minimal S2.

Gaji dari profesi ini yaitu mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Teknisi Jaringan

Peluang atau prospek kerja ilmu komputer berikutnya adalah menjadi teknisi jaringan. Setiap perusahaan kini telah memanfaatkan jaringan wifi untuk bekerja. Karena itu, hampir setiap perusahaan membutuhkan teknisi jaringan untuk membenahi masalah jaringan yang mungkin muncul.

Seorang teknisi jaringan mendapatkan penghasilan mulai dari Rp3.000.000 sampai dengan Rp8.000.000 per bulan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi

Jasa Servis Komputer

Peluang kerja berikutnya yang dapat Kamu lakukan adalah menyediakan jasa servis komputer. Sebagai lulusan ilmu komputer, Kamu tidak hanya mendapatkan materi mengenai perangkat lunak namun juga perangkat keras dari komputer. Profesi ini sangat cocok bagi Kamu yang senang mengutak-atik komputer.

Penghasilan yang Kamu dapatkan dengan membuka usaha jasa servis komputer ini tergantung omset yang didapatkan. Semakin besar omset, semakin besar pula penghasilan yang didapatkan.

System Integrator

Bagi Kamu yang lulusan Ilmu komputer, prospek kerja Ilmu Komputer berikutnya adalah sebagai system integrator. Profesi ini bekerja untuk menganalisis sistem perangkat lunak yang akan dibuat. Adapun gaji yang didapatkan seorang system integrator yaitu sekitar Rp4.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan ilmu komputer. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar