Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan
Siker.id | 24 Mar 2022 21:00


Bagikan ke
Prospek kerja teknik lingkungan. (siker)

siker.id - Jurusan Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. Contoh permasalahan lingkungan yang sering kita temui saat ini misalnya pencemaran udara dan air di area industri, kurangnya akses air bersis di pemukiman padat penduduk, atau timbunan sampah yang tidak tertanangani dengan baik.

Bagaimana prospek kerja Lulusan Teknik Lingkungan? Tenang saja, karena sarjana Teknik Lingkungan memiliki banyak sekali peluang karier yang menjanjikan. Hampir seluruh sektor membutuhkan tenaga ahli lingkungan, mulai dari pertambangan, perkebunan, sampai industri makanan dan minuman. Perusahaan-perusahaan biasanya membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan untuk mengelola limbah, mengolah air, juga memastikan keselamatan dan kesehatan para pekerja.

Berikut ini beberapa prospek kerja teknik lingkungan :

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Astronomi, Lengkap !

Dosen

Kamu yang ingin menjadi seorang tenaga pengajar maupun dosen tentunya bisa memilih jurusan teknik lingkungan sebagai pilihan. Akan tetapi untuk menjadi seorang dosen, sebagian besar perguruan tinggi mewajibkan persyaratan studi S-2 telebih dahulu.

Tentunya, menjadi dosen atau pengajar akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena kamu akan mendidik calon lulusan insinyur teknik lingkungan.

PNS / Lembaga Pemerintahan

Sebagai lulusan teknik lingkungan, kamu bisa bekerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun lembaga pemerintahan di bawah kementerian. Menjadi PNS dengan gaji dan tunjangan yang stabil serta tunjangan pensiun menjadi dambaan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Selain itu, kamu bisa bekerja di berbagai macam lembaga kementerian termasuk Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian ESDM, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Rekam Medis, Baca Ini

BUMN

Siapa sih yang tidak ingin bekerja di perusahaan BUMN?

Secara umum, BUMN ini merupakan suatu badan usaha yang sebagian atau keseluruhannya dimiliki oleh negara Indonesia yang dibentuk untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. Ada banyak sekali perusahaan BUMN yang membutuhkan lulusan teknik lingkungan untuk bekerja di sana seperti PT. Pertamina, PT. Aneka Tambang, PT. Krakatau Steel, dan masih banyak lagi.

Perusahaan, Industri, dan Manufaktur

Mungkin di antara kalian juga ingin berkarir di banyak perusahaan swasta baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sebagai lulusan teknik lingkungan dengan kemampuan bahasa inggris yang baik tentunya kamu bisa mencoba bekerja di perusahaan terkenal luar negeri.

Atau kamu juga bisa tetap berkarya di perusahaan swasta seperti PT. Unilever, PT. Chevron Pasific Indonesia, TOTAL, dan lain sebagainya.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan Teknik lingkungan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Peluang kerja Lulusan Ilmu Politik, Selengkapnya


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar