icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi
Siker.id | 24 Mar 2022 20:00


Bagikan ke
Prospek kerja teknik geologi. (siker)

siker.id - Teknik Geologi merupakan bidang studi yang banyak melakukan penelitian terkait bumi, komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, hingga proses pembentukannya. Perkembangan ilmu geologi saat ini sangat luas, sehingga tidak hanya terbatas pada sumber daya mineral, tetapi juga konstruksi bangunan hingga bencana.

Berbekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya lulusan Teknik Geologi memiliki nilai jual yang patut dibanggakan. Peluang karier yang menanti pun sangat beragam, begitu pula dengan jenis dan jenjang kariernya. Secara umum, karier di sektor minyak dan gas menjadi pilihan utama bagi lulusan jurusan ini. Hal ini karena sektor minyak dan gas menawarkan gaji yang sangat kompetitif. Akan tetapi, pada dasarnya ada banyak sekali potensi yang bisa kamu kembangkan dengan mencoba untuk bekerja di sektor lainnya, seperti pendidikan, jasa konsultasi, dan sebagainya. Selain itu, bisa juga lho mencoba bidang pekerjaan lainnya yang membutuhkan berbagai disiplin ilmu melalui jalur management trainee.

Berikut ini beberapa prospek kerja lulusan teknik geologi :

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Perhotelan, Baca Ini

Teknisi tambang, minyak, dan material

Pekerjaan yang satu ini akan menjadi pilihan utama prospek kerja teknik geologi. Pilihan karier ini disebutkan misalnya oleh Geoscience Jobs. Dalam pekerjaan ini, kamu akan bertanggung jawab dalam upaya pencarian dan pencarian dan pengolahan minyak bumi dan gas alam.

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mengembangkan material dan teknologi pengolahan. Keterampilan yang kamu miliki dalam melakukan analisis, meneliti, dan berpikir rasional akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

Ahli sistem informasi geografis

Prospek kerja teknik geologi yang satu ini berkaitan dengan keterampilan kamu dalam menggunakan komputer dan beberapa teknologi lainnya. Nah job description kamu akan meliputi pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi software dan hardware untuk GIS atau sistem informasi geografi.

Contohnya adalah merancang dan mempersiapkan representasi grafis data yang kamu terima. Job description lainnya juga meliputi analisis data yang berkaitan dengan peta dan grafik, memodifikasi database, memasukan data ke dalam database serta menganalisisnya lebih lanjut.

Baca juga: Berikut Peluang Kerja Lulusan D3 Keuangan dan Perbankan

Interpreter seismik

Pekerjaan sebagai interpreter seismik juga tidak kalah menarik dibanding peluang karier teknik geologi lainnya. Dalam pekerjaan ini, kamu akan menganalisis data mengenai jumlah mineral atau minyak dan gas yang terdapat di dalam struktur batuan.

Dari data yang kamu dapatkan, nantinya akan diproses dan analisis lebih lanjut lagi untuk mengetahui potensi kedepannya. Jika kamu tertarik dalam bidang ini, tidak hanya keterampilan analisis data yang baik yang kamu perlukan. Kamu juga harus mampu menginterpretasikan model 2D, 3D, dan 4D pemetaan batuan.

Keterampilan berpikir sistematis dan pemahaman matematika juga diperlukan untuk kamu mengukur volume batuan untuk mengetahui konten mineral, minyak, dan gas di dalam tanah.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan Teknik geologi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Matematika?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar