Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan
Siker.id | 24 Mar 2022 18:00


Bagikan ke
Prospek kerja teknik pertambangan. (siker)

siker.id - Teknik Pertambangan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses penambangan mineral berharga dan batubara. Fokus dari jurusan Teknik Pertambangan adalah kegiatan eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan. Jadi kamu akan belajar banyak soal sifat-sifat mineral yang akan ditambang, kegunaannya, cara menambangnya, sampai proses pengolahannya agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. Kamu juga harus memperhitungkan untung-rugi dari proses penambangan itu, lho.

Keilmuan di bidang Teknik Pertambangan menjadi nilai jual yang patut dibanggakan. Nggak heran, kalau lulusan Teknik Pertambangan punya prospek kerja yang cerah. Ada banyak sekali peluang yang menanti dengan berbagai variasi jenjang karier. Akan tetapi, biasanya karier di industri pertambangan selalu jadi pilihan pertama bagi lulusan jurusan ini. Karena konon kabarnya, industri pertambangan menawarkan gaji yang fantastis untuk entry level, bisa sampai lebih dari 110 juta per tahun lho pendapatannya. Jumlah ini jelas lebih tinggi dibanding standar gaji untuk entry level di industri lainnya. Meskipun begitu, gaji ini tetap tergantung dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki ya. Kamu juga bisa lho mengembangkan potensimu di bidang lain, seperti pendidikan, keuangan, dan lainnya.

Berikut ini beberapa prospek kerja teknik tambang :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Metalurgi

Bekerja Di Kementerian

Peluang atau prospek kerja dari jurusan teknik pertambangan yang pertama adalah bekerja di Kementerian. Untuk bisa masuk ke kementerian, Kamu bisa mengikuti rekrutmen CPNS yang diadakan oleh pemerintah atau bisa juga dengan menjadi tenaga honorer. Rata-rata gaji yang akan Kamu dapatkan sebagai pegawai kementerian yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

Peneliti

Prospek kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan dari Teknik Pertambangan adalah menjadi seorang peneliti. Disini Kamu dapat meneliti bahan tambang di Indonesia. Nantinya, hasil penelitian yang telah Kamu lakukan tidak hanya bermanfaat untuk dunia Pendidikan namun juga bermanfaat untuk pemerintah sebagai pembuat keputusan dan juga para pelaku usaha.

Rata-rata gaji yang bisa Kamu dapatkan sebagai seorang peneliti yaitu sekitar Rp6.000.000 per bulan.

Bekerja Di BUMN Gas

Peluang atau prospek kerja teknik pertambangan berikutnya yang dapat Kamu pilih yaitu bekerja di BUMN yang bergerak di bidang pertambangan. Ada beberapa BUMN yang bergerak di sektor ini.

Gaji yang ditawarkan untuk para pegawai BUMN sangat menjanjikan. Sebagai fresh graduate, Kamu bisa menerima gaji mulai Rp8.000.000 per bulan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Bisnis Manajemen

Wirausaha Minyak Dan Gas Bumi

Peluang kerja selanjutnya yang bisa dilakukan oleh lulusan teknik pertambangan adalah dengan bekerja menjadi wirausaha minyak dan Gas Bumi. Lulusan Teknik pertambangan tidak harus terjun langsung ke lokasi tambang. Kamu juga bisa berkarir sebagai wirausaha, baik itu di bidang minyak dan gas bumi, pengusaha batu bara, ataupun menjadi wirausaha di bidang lainnya yang Kamu minati.

Untuk penghasilannya, tidak ada penghasilan pasti bagi Kamu yang memilih menjadi wirausaha. Seiring dengan perkembangan usaha yang Kamu miliki, Kamu bisa meraih ratusan juta tiap bulannya.

Tenaga Pengajar Dosen

Berikutnya yang menjadi prospek kerja Teknik Pertambangan adalah menjadi tenaga pengajar dosen. Dengan menjadi seorang dosen maka Kamu dapat membagi ilmu dengan orang lain. Namun, Kamu harus mau melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu setidaknya jenjang S2.

Rata-rata gaji yang didapatkan oleh dosen yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan Teknik pertambangan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hotel Manajemen


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar