Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan
Siker.id | 24 Mar 2022 17:00


Bagikan ke
Prospek kerja teknik perminyakan. (siker)

siker.id - Salah satu jurusan yang dianggap memiliki prospek kerja menjanjikan adalah Jurusan Teknik Perminyakan. Pada jurusan ini kamu akan diajarkan tentang ilmu eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam. Fokus kajian keilmuan Jurusan Teknik Perminyakan adalah pada tambang minyak bumi, panas bumi, dan gas alam. Hal tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan kajian Jurusan Teknik Pertambangan yakni seputar pengeboran, eksplorasi, dan distribusi. Perbedaan kedua jurusan tersebut adalah pada objeknya. Jurusan Teknik Pertambangan mengkaji tentang penambangan benda padat seperti batu bara, emas, nikel, aspal, dan lain-lain, sementara Jurusan Teknik Perminyakan mengkaji tentang tentang penambangan benda cair (fluida) dan gas.

Nah, perencanaan pekerjaan yang akan Kamu ambil setelah lulus memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Tidak hanya bagaimana tugas pekerjaan tersebut, tetapi juga gaji yang akan didapatkanya.

Berikut ini bebrapa prospek kerja teknik perminyakan beserta gajinya :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

Analis Kontrol Dan Kualitas

Yang pertama, Kamu bisa berkarir sebagai analis kontrol dan kualitas atau Quality Control. Tugas dari pekerjaan tersebut yaitu menguji untuk melihat bagaimana kualitas dari bahan baku, produk setengah jadi, dan produk jadi. Selain itu juga bertugas melakukan tes stabilitas sampel. Dari pekerjaan ini, Kamu akan digaji mulai dari Rp7.000.000 per bulan.

Insinyur Perminyakan

Selanjutnya yaitu bekerja menjadi insinyur perminyakan yang memiliki. Seorang insinyur perminyakan memiliki tugas untuk memperkirakan kemampuan pembuatan serta nilai ekonomis yang ada pada sumur minyak dan juga gas. Selain itu, Kamu juga akan bekerja untuk pengembangan rencana pengeboran ladang minyak dan gas.

Gaji rata-rata yang akan Kamu dapatkan jika berkarir sebagai insinyur perminyakan yaitu sekitar Rp6.600.000 per bulan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Matematika Murni

Teknisi Geologi Dan Perminyakan

Peluang atau prospek kerja teknik perminyakan yang ketiga yaitu menjadi teknisi geologi dan perminyakan. Jika Kamu bekerja sebagai teknisi geologi dan perminyakan, Kamu akan membantu ilmuwan atau insinyur dalam penggunaan alat ukur elektronik, sonik, atau nuklir baik dalam kegiatan laboratorium maupun produksi. Dari profesi ini, gaji rata-rata yang akan Kamu dapatkan yaitu sekitar Rp13.000.000 per bulan.

Ahli Teknik Energi

Prospek kerja yang keempat untuk lulusan teknik perminyakan yaitu bekerja sebagai ahli teknik energi. Tugas dari pekerjaan ini adalah membuat rancangan, mengembangkan, atau mengevaluasi proyek atau program yang terkait dengan energi untuk mengurangi biaya energi selama tahap renovasi konstruksi. Gaji yang bisa Kamu dapatkan dari profesi ini yaitu sekitar Rp7.500.000 per bulan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan Teknik perminyakan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar