icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia
Siker.id | 23 Mar 2022 20:45


Bagikan ke
Prospek jurusan teknik kimia. (siker)

siker.id - Teknik kimia merupakan cabang dari disiplin ilmu teknik yang menggabungkan antara teori serta eksperimental terkait kimia, fisika, biologi dan biokimia.

Ada beberapa prospek kerja teknik kimia dan gajinya yang perlu diketahui. Peluang cukup menjanjikan karena dibutuhkan di banyak industri. Di Indonesia, jurusan teknik kimia tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Fisika Murni

Apa itu Teknik Kimia?

Sebelum membahas lebih lanjut ke prospek kerjanya, terlebih dulu Anda perlu tahu mengenai teknik kimia itu sendiri. Ruang lingkup teknik kimia diketahui masih bersinggungan dengan ilmu matematika. Jurusan ini ikut mempelajari sekaligus mengembangkan penelitian terkait molekul, sintesis dan reaksi kimia, yang dirancang untuk keperluan bahan industri. Mengutip laman Top Universities, lulusan teknik kimia harus menguasai kemampuan teori, metode dan praktik, paham ilmu matematika, kimia, fisika, serta berpikir analitis sekaligus kritis.

Sejauh ini, ada banyak sektor yang membutuhkan lulusan teknik kimia, khususnya di bidang energi, farmasi, lingkungan, bahan baku makanan, perusahaan multinasional sampai BUMN.

Berikut beberapa prospek kerja teknik kimia dan gajinya :

Ahli kimia

Seorang ahli kimia (chemist) mempunyai tugas dalam melakukan analisis atau eksperimen kimia secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan pengembangan suatu bahan baku. Biasanya, posisi tersebut dibutuhkan di industri farmasi dan laboratorium milik pemerintah dan swasta. Merujuk Glassdoor, besaran gaji ahli kimia berpotensi mencapai sekitar Rp84 juta per tahun untuk level awal. Sedangkan di level atas jumlahnya dipastikan lebih tinggi.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Oseanografi

Ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan

Dikutip dari Prospect, lulusan teknik kimia bisa berkarier menjadi ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan. Tugas utamanya bertanggung jawab dalam merancang teknologi yang nantinya diimplementasikan untuk mencegah serta memulihkan kerusakan lingkungan. Berdasarkan data yang dimiliki Indeed, ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan di luar negeri memperoleh gaji hingga Rp1,1 miliar per tahun.

Pertambangan dan perminyakan

Industri pertambangan dan perminyakan selalu membuka kesempatan bagi lulusan teknik kimia. Nantinya, mereka bisa ditempatkan di darat atau laut sesuai kebutuhan perusahaan. Pekerjaan di ranah pertambangan atau perminyakan dinilai menjanjikan karena berpeluang membangun masa depan cerah. Besaran gajinya mencapai Rp1,3 miliar per tahun. Besarnya gaji sebanding dengan risiko dari beban pekerjaannya.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan Teknik kimia. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Farmasi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar