Prospek Kerja Jurusan Matematika Murni
Siker.id | 23 Mar 2022 19:45


Bagikan ke
Prospek jurusan matematika murni. (siker)

siker.id - Setiap hari kita menggunakan ilmu matematika secara langsung maupun secara tidak langsung. Penerapan Ilmu matematika selalu ada di sekitar kita dan berada dalam sesuatu yang kita kerjakan setiap hari. Matematika adalah ilmu yang berhubungan dengan bentuk logika, besaran, dan susunan. Ilmu matematika digunakan dalam kehidupan sehari – hari termasuk dalam bidang arsitektur baik kuno maupun modern, bidang teknologi, dalam bidang seni, bidang keuangan, bidang teknik, dan bahkan dalam bidang olahraga. Pengetahuan tentang ilmu matematika telah muncul sejak dahulu kala, sebagai contoh orang pada jaman dahulu bisa mengandalkan perhitungan waktu dengan menggunakan matahari. Karena ilmu matematika berperan penting dan ada dalam setiap kehidupan kita, tidak heran banyak profesi yang membutuhkan program studi ini. Ada banyak sekali peluang kerja yang bisa diambil untuk matematika ini antara lain:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Auditor

Profesi auditor ini bisa kamu ambil ketika menjadi seorang lulusan matematika. Seorang auditor bertugas memastikan dan melaporkan bisnis maupun dari suatu perusahaan atau instansi. Auditor juga melakukan evaluasi operasi internal dari perusahaan, mengawasi bisnis, dan menjaga kepatuhan terhadap semua hukum dan peraturan yang ada. Apakah kamu tertarik untuk berkarir ke salah satu prospek kerja dari lulusan matematika ini?

Data Analyst

Perkembangan dunia teknologi informasi akan menghasilkan banyak data yang perlu di analisis agar bisa mendapatkan profit baik terutama untuk perusahaan.Sebagai lulusan matematika yang berkarir menjadi data analyst bisa bertugas untuk mengambil data, menggunakan jawaban pertanyaan dari customer, dan berkomunikasi untuk mendapatkan hasil untuk membantu keputusan suatu perusahaan. Sehingga secara umum, data analyst berperan besar untuk membuat keputusan paling tepat dalam berbagai kondisi pasar sehinggi mengurangi kerugian.Beberapa contoh nyata tugas dari seorang data analyst yaitu membantu penjualan dengan mengidentifikasi target iklan menjadi lebih tepat sasaran.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Metalurgi

Data Scientist

Hampir mirip dengan data analyst, berkarir menjadi data scientist lebih cenderung ke pengolahan data. Semakin masifnya pertumbuhan data menuntut untuk mengolah data lanjutan menggunakan teknologi komputer agar lebih cepat dan efisien.Tidak heran jika kamu lulusan matematika dan punya kemampuan analisis yang baik bisa berkarir untuk mendapatkan peluang bisnis dan mengetahui tren dari pasar. Sebagai data scientist, kamu bertugas untuk membersihkan data mentah, memproses, dan mengolah big data yang telah dikumpulkan agar menjadi informasi yang berguna. Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja matematika ini?

Aktuaris

Saat ini berkarir sebagai seorang aktuaria menjadi sangat populer sehingga banyak perguruan tinggi membuka jurusan ini. Tentunya, sebagai seorang lulusan matematika kamu berpeluang besar untuk berkarir sebagai seorang aktuaris. Berdasarkan informasi dari Investopedia, ilmu aktuaria adalah ilmu yang mempelajari suatu risiko keuangan dengan berbagai macam metode matematika dan statistik serta biasanya digunakan dalam bidang asuransi. Ilmu aktuaria digunakan untuk analisis keuangan dan memecahkan masalah keuangan untuk melihat prediksi masa depan yang penuh akan ketidakpastian.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan matematika murni. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Bisnis Manajemen


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar