Tips Memilih Jurusan Teknik Robotika
Siker.id | 23 Mar 2022 18:45


Bagikan ke
memilih kuliah jurusan teknik robotika. (siker)

siker.id - Saat ini robot dan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) adalah hal yang paling berkembang pesat. Robot dan kecerdasan buatan diterapkan dalam berbagai bidang yang manfaatnya sangat besar untuk mempermudah kehidupan sehari-hari. Keduanya adalah hal yang menarik untuk dipelajari oleh banyak orang terutama bagi generasi muda.

Di Indonesia, terdapat jurusan yang mempelajari robot dan kecerdasan buatan. Sebelum kamu memutuskan untuk masuk jurusan ini, yuk simak fakta-fakta jurusan teknik robotika dan kecerdasan buatan di Indonesia terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa tips memilih jurusan teknik robotika :

Baca juga: 3 Manfaat Lulus Kuliah Tepat Waktu

Hanya Ada Satu di Indonesia

Jurusan yang berhubungan dengan kecerdasan buatan di Indonesia hanya ada satu, loh. Ada di Universitas Airlangga bernama Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang baru saja resmi pada tahun 2020 lalu. Menjadi jurusan yang baru dan satu-satunya di Indonesia untuk saat ini, jurusan ini memiliki daya tampung yang sangat sedikit yaitu sekitar 30 orang.

Bagi kamu calon mahasiswa yang berkeinginan untuk masuk Jurusan ini tentunya harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh karena pasti persaingan untuk memperebutkan kuota jurusan sangat ketat.

Cakupan Materi yang Dipelajari

Untuk menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan adalah hal yang tidak mudah, begitu juga jika kamu berhasil menjadi mahasiswa jurusan ini. Mahasiswa yang berhasil masuk di jurusan langka ini akan memperoleh pengetahuan dan kemampuan yang berkaitan dengan robotika dan kecerdasan buatan.

Pelajaran ini mencakup sains dasar (utamanya matematika dan fisika), teknologi informasi (algoritma, pemrograman, jaringan, komputer dan IoT atau Internet of Things), dasar dari sistem siber-fisik (mekatronika, elektronika, sistem kontrol dan otomasi, sistem embedded), desain dan aplikasi robotika dan kecerdasan buatan serta integrasinya, metodologi penelitian, kewirausahaan hingga komunikasi profesional.

Jika kamu menjadi salah satu mahasiswa jurusan ini, jangan sampai di tengah jalan kamu merasa salah pilih jurusan, ya. Semangat belajar!

Baca juga: Berikut Keuntungan Kuliah Jurusan Marketing Communication

Prospek Masa Depan yang Cerah

Semakin berkembangnya robot dan AI menandakan bahwa lulusan dari jurusan ini memiliki prospek masa depan yang cerah. Di Indonesia, robot dan AI mulai berkembang dan mulai banyak penerapanya di berbagai sektor. Kedepannya akan lebih banyak lagi sektor yang memanfaatkan robot dan AI yang pastinya membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Sekian artikel tentang tips memilih jurusan teknik robotika. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar