icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Rileks Hadapi Penatnya Pekerjaan
Siker.id | 23 Mar 2022 13:45


Bagikan ke
Tips rileks hadapi penatnya pekerjaan. (siker)

siker.id - Tugas kantor yang tidak ada habis-habisnya sering kali menyebabkan capek fisik, lelah, atau bahkan membuat kepala pusing. Ada banyak faktor-faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini terjadi, salah satunya karena aktivitas kerja yang sangat padat.

Akibatnya, kondisi tubuh pun mulai melemah secara perlahan-lahan. Bekerja saat kondisi tubuh kurang fit dan sehat tentu tidak enak. Hal ini dapat menurunkan performa kerja dan produktivitas Anda di kantor.

Namun apa daya, pekerjaan kantor yang tinggi menuntut Anda mampu bersikap profesional dalam kondisi apapun, termasuk pada saat tubuh Anda mulai kurang sehat. Ikuti beberapa tips ini saat kesibukan pekerjaan mulai menyerbu!

Baca juga: Mengeluh Karena Pekerjaan? Ini Tips Mensyukuri Pekerjaan

Sisihkan waktu untuk menyendiri

Menyendiri di kantor ternyata bisa memberi banyak manfaat. Selain bisa membuatmu merasa lebih tenang, kesendirian ini bisa membuatmu lebih mengenal diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri, Anda bisa mulai melakukan evaluasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa mendatang, terutama dalam urusan karier.

Apalagi menyendiri saat kesibukan kerja sangatlah disarankan. Hal ini membantu Anda untuk memaknai produktivitas yang sebenarnya, sehingga Anda bisa lebih bersyukur.

Biar rileks, tarik napas yang dalam

Untuk mengatasi rasa capek, perut keroncongan, dan dehidrasi, Anda bisa menarik napas dalam-dalam selama beberapa menit. Selain memberikan efek rileks dan tenang, menarik napas juga bermanfaat untuk menambah energi. Alhasil, rasa capek, lapar, dan haus tidak akan menghantui Anda secara terus-menerus.

Tutuplah mata saat sedang menarik napas, sehingga oksigen yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih maksimal. Lakukan secara berulang-ulang sampai Anda merasa tenang untuk melanjutkan pekerjaan kantor.

Baca juga: 3 Alasan Tidak Mengikuti Pekerjaan Orangtua

Abaikan pembicaraan yang kurang berfaedah

Manfaatkan jam istirahat kantor untuk beristirahat sejenak. Lakukan peregangan ringan agar otot tubuh tidak tegang dan peredaran darah tetap lancar. Anda bisa menyenderkan badan ke kursi, merebahkan tangan, atau menggoyangkan kepala selama beberapa menit.

Setelah itu, Anda bisa mengobrol bersama rekan kerja untuk melepas beban pikiran. Tapi, pastikan bahan obrolannya berfaedah. Apabila ujung-ujungnya menggosip, lebih baik ditinggalkan agar puasa Anda tidak batal karena menggosipi orang lain.

Sekian artikel tentang tips rileks menghadapi penatnya kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat Bisa Menyeimbangkan Hidup dan Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar