icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Beberapa Keterampilan Komunikasi agar Berpengaruh di Kantor
Siker.id | 22 Mar 2022 20:45


Bagikan ke
Keterampilan komunikasi agar berpengaruh di kantor. (siker)

siker.id - Setiap orang memiliki gaya berkomunikasi yang berbeda-beda. Di kantor, percakapan antar karyawan dapat ditebak. Apakah Anda pernah memperhatikan apa saja yang biasanya dibicarakan orang-orang di kantor?

Percakapan di kantor biasanya berbau basa-basi. "Bagaimana perjalananmu, macet?" atau "Udara panas sekali, sepertinya akan hujan". Jika Anda ingin tampak menonjol antara orang-orang dan ingin punya pengaruh yang lebih besar di kantor, sebaiknya Anda mengubah cara komunikasi Anda. Kata-kata adalah senjata yang kuat yang dapat dimanfaatkan mulai dari untuk menjalin hubungan romantis hingga membangun bisnis yang kuat.

Jika Anda tidak ingin menjadi orang yang mudah dilupakan, jangan ucapkan hal-hal yang sudah biasa didengar orang. Agar menonjol, Anda harus memancing ketertarikan orang-orang sehingga mereka memberikan jawaban yang Anda inginkan. Kebiasaan berbicara yang tepat dapat membawa manfaat positif bagi hidup Anda.

Berikut cara untuk menjadi orang yang berpengaruh di tempat Anda bekerja :

Baca juga: Tips Menjaga Etika Komunikasi Online dengan Dosen

Hindari pertanyaan retorika

Jangan menjawab "Apa kabar?" dengan kalimat-kalimat standar yang sudah sering Anda dengar sebelumnya. Akan lebih baik menjawab dengan hal-hal yang memang sesungguhnya sedang Anda alami. Apakah Anda baru saja mendapatkan pekerjaan baru, atau putus dengan kekasih, atau berlibur? Apakah Anda sedang bahagia atau sedang sedih? Jangan ragu untuk menyampaikannya sesuai dengan pertanyaan dari lawan bicara Anda. Gunakan kata-kata yang menarik, karena dengan cara tersebut lawan bicara Anda akan lebih menyimak apa yang Anda sampaikan.

Jangan takut berekspresi

Gunakan kalimat-kalimat yang benar-benar menggambarkan suasana atau perasaan Anda pada saat itu. "Makanan restoran ini benar-benar enak!" atau "Servis yang diberikan benar-benar memuaskan!". Siapa yang bisa berargumen saat Anda memberikan kata-kata yang menyatakan keadaan mutlak? Saat Anda ingin mengajak seseorang kencan, atau ingin menjual sebuah produk, pendekatan yang penuh percaya diri akan meningkatkan daya pengaruh Anda ke level yang lebih tinggi.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jangan ragu meminta saat Anda menginginkan sesuatu

Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika Anda meminta potongan harga. Para penjual menanti seseorang yang berani melakukan penawaran secara langsung. Mengapa seorang pria yang biasa-biasa saja bisa berkencan dengan seorang primadona? Karena pria itu berani mengajak kencan gadis tersebut. Saat kita tidak berani mengeluarkan pikiran yang sebenarnya, kita seringkali disetir oleh pikiran orang lain.

Sekian artikel tentang keterampilan komunikasi yang berpengaruh di kantor. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar