icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Mahasiswa Baru Memilih Organisasi Kampus
Siker.id | 22 Mar 2022 16:45


Bagikan ke
Mahasiswa memilih organisasi kampus. (siker)

siker.id - Saat ini banyak para mahasiswa baru yang bingung memilih organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang akan diikutinya. Ada pula yang bingung lebih baik gabung organisasi atau ikut volunteer. Kalau ikut lebih dari satu organisasi apakah akan keteteran dan mengganggu kuliah dan segala macamnya. Sebagai mahasiswa akhir, tentunya kamu sangat tergelitik karena saat masih maba pun sama khawatirnya seperti mereka. Kamu bingung memilih organisasi apa karena banyak yang bagus dan menarik. Tapi masa harus ambil semuanya? Kalau nanti kamu ikut organisasi A bakal mengganggu kuliah tidak ya? Apakah nilai akademik kamu akan tetap aman meskipun sibuk di organisasi kampus? Berikut tips aman buat mahasiswa dalam memilih organisasi kampus.

Baca juga: Berikut Peran Penting Desain Grafis Bagi Mahasiswa

Jangan cuma ikut-ikutan teman

Namanya juga mahasiswa baru pastinya banyak yang gabung organisasi karena ikut teman saja tanpa pertimbangan yang matang. Karena tidak ada kenalan lain selain temannya itu, maka apa pun organisasi yang diikuti temannya pasti akan doi ikuti juga. Sehingga kalau organisasi tersebut tidak cocok, maka ujung-ujungnya akan menyesal juga ingin keluar. Intinya pilihlah organisasi sesuai passion dan keinginan dari hati. Pastikan kamu sudah siap dengan segala konsekuensinya. Jangan hanya ingin menghiasi CV saja tapi kontribusi tidak ada.

Pilih sesuai dengan passion

Hal kedua untuk memilih organisasi atau UKM usahakan memang sesuai dengan passion atau keinginan dalam hati. Bila tidak sesuai dengan keinginan khawatirnya akan putus di tengah jalan karena merasa tidak cocok. Bila suka dengan dunia perpolitikan bisa bergabung dengan BEM entah BEM Universitas atau BEM Fakultas. Bila suka dengan hal berbau seni, gabunglah di UKM kesenian atau paduan suara. Memilih kegiatan yang sesuai tentunya akan meningkatkan kemampuan kamu bahkan dapat berprestasi di bidang tersebut.

Baca juga: Berikut Alasan Mahasiswa Tidak Boleh Mageran

Riset terlebih dahulu

Lakukan riset terlebih dahulu organisasi dan UKM apa saja yang ada di kampus kamu tersebut. Bila kamu menyukai dunia seni teater, maka kamu pun bisa mencari apakah ada kegiatan semacam itu di kampusmu. Ketika kamu riset ternyata ada dan di situ kamu niatkan untuk mendaftar UKM tersebut saat nanti sudah masuk kuliah. Alhasil di tahun pertama kamu kuliah, kamu pun dipercaya untuk menjadi sutradara pementasan angkatan.

Sekian artikel tentang tips memilih organisasi kampus. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Mahasiswa Tidak Bosan dengan Blended Learning


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar