icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Alasan Pelamar Kerja yang Diblacklist Perusahaan
Siker.id | 22 Mar 2022 14:45


Bagikan ke
Alasan pelamar kerja kena blacklist perusahaan. (siker)

siker.id - Meski lowongan kerja saat ini banyak dan selalu ada, namun mencari pekerjaan tetap bukan perkara yang mudah. Apalagi bagi para fresh graduated yang masih minim pengalaman. Memang, banyak yang berusaha mati-matian supaya bisa diterima kerja di perusahaan idaman. Sayangnya, tidak semuanya begitu, ada saja pencari kerja yang justru melakukan hal tak menyenangkan dan malah membuat mereka dimasukan ke kategori orang-orang yang dihindari atau di-blacklist perusahaan. Lamaranmu nggak akan lagi direspons karena reputasimu sudah buruk oleh perusahaan. Berikut beberapa hal yang membuat para pelamar ini kena blacklist perusahaan.

Baca juga: Simak 5 kebiasaan pelamar yang bikin HRD sebel!

Tidak memenuhi panggilan interview

Biasanya setiap perusahaan akan memiliki database yang berisikan nama pelamar kerja yang akan dipanggil interview. Nah, kalau kamu nggak datang maka namamu akan tercatat dan nggak ada kemungkinan untuk dipanggil lagi dikemudian hari. Untuk itu, cobalah kabari pewawancara jika memang kamu nggak bisa datang, jangan lupa pula sebutkan alasanmu. Selain membuatmu lebih aman ini juga nggak akan membuat pewawancara menunggu kedatanganmu.

Data yang ditulis pelamar bohong

Saking banyaknya pencari kerja, ada saja oknum pencari kerja yang menjual diri mereka kepada perekrut dengan memberikan data palsu. Nggak hanya skill, namun beberapa dari mereka bahkan ada yang menuliskan pengalaman kerja palsu. Padahal tanpa kamu tahu, biasanya HRD akan bisa melacak ke perusahaan tempat kerjamu dulu. Nah, daripada ketahuan berbohong, mending buat CV dengan jujur dan sesuaikan benar-benar dengan kemampuanmu saat ini.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu di Ingat Bagi Pelamar Fresh Graduate

Resign tanpa memberi kabar

Meski sudah nggak tahan, usahakan untuk tetap mematuhi aturan perusahaan mengenai waktu resign. Sebab, jika kamu resign begitu saja tanpa pemberitahuan ini bisa membuatmu terkena blacklist oleh perusahaan tempatmu kerja dulu. Bahkan lebih parahnya, HRD bisa saja menyebarkan namamu ke seluruh network mereka dan menyebutmu nggak punya itikad baik dan itu akan semakin memperparah kamu dalam pencarian kerja baru.

Sekian artikel tentang alasan pelamar kerja diblacklist. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Penyebab Terkena Blacklist saat Melamar Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar