icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Syarat Untuk Menjadi Atasan yang Teladan
Siker.id | 22 Mar 2022 11:45


Bagikan ke
Syarat bisa menjadi atasan yang teladan. (siker)

siker.id - Setiap orang bisa saja menjadi atasan. Tapi tidak semua orang mampu berperan dengan baik sebagai atasan yang jadi panutan dan disegani karyawan. Dalam dunia kerja, hubungan antara atasan dengan karyawan harusnya bisa saling melengkapi dan menguntungkan satu sama lain. Namun, banyak karyawan yang bermasalah atau merasa tidak cocok dengan atasannya dan memilih untuk resign. Kalau sudah begini, atasan harus mulai intropeksi dan berbenah diri. Penting bagi atasan untuk memiliki beberapa syarat penting untuk bisa menjadi pemimpin yang disegani karyawannya. Berikut ini beberapa syarat untuk menjadi seorang atasan yang layak menjadi teladan banyak orang.

Baca juga: Berikut Tips Hadapi Atasan yang Toxic

Berkata jujur tentang hal yang karyawan perlu tahu

Tidak semua hal perlu diketahui oleh karyawan, tapi bukan berarti semuanya lantas ditutup-tutupi. Karyawan juga perlu tahu apakah perusahaannya sedang dalam kondisi baik, sedang profit banyak, atau justru terancam bangkrut. Informasi yang jelas dan terbuka akan bikin karyawan tidak ragu buat berpendapat dan lebih leluasa untuk berkontribusi. Jangan sampai integritas kepemimpinanmu dipertanyakan hanya karena sok jadi atasan yang misterius.

Memberi kepercayaan pada karyawan untuk memikul tugas dan mengambil keputusan tertentu

Mengerjakan sendiri seluruh pekerjaan di dalam sebuah perusahaan meskipun mampu, tidak serta merta menjadikan seorang atasan nampak hebat di mata seluruh timnya. Justru kalau dirinya tidak punya rasa percaya terhadap karyawan, ia tidak akan mencapai kemajuan yang diharapkan. Maka, atasan harus berani percaya sama karyawannya. Lakukan mentoring, pengarahan, dan beri ruang bagi karyawan untuk mengembangkan idenya. Karena penghargaan karyawan bukan semata-mata melalui gaji, tapi juga kepercayaan.

Baca juga: 4 Tips Menghindari Konflik dengan Atasan

Mampu memberikan solusi atas permasalahan perusahaan

Tidak banyak atasan yang mampu memberikan solusi tepat terutama dalam hal yang bersifat kompleks di perusahaan. Atasan yang baik akan teliti melihat celah dan selalu punya cara kreatif tersendiri untuk menyelesaikan masalah dalam perusahaan. Alih-alih saling menunjuk sana sini untuk diperintah mencarikan jalan keluar, ia justru akan jadi orang pertama yang melempar solusi ketika ada masalah yang datang. Lantas didiskusikan dengan tim, bukannya mengambil keputusan sepihak dan mengabaikan aspirasi dari karyawannya.

Sekian artikel tentang syarat yang harus dimiliki seorang atasan yang teladan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Agar Tetap Dipercaya Atasan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar