Berikut Peran Penting Desain Grafis Bagi Mahasiswa
Siker.id | 21 Mar 2022 19:15


Bagikan ke
Peran desain grafis bagi mahasiswa. (siker)

siker.id - Mahasiswa dituntut untuk meningkatkan skill yang dimiliki maupun belajar hal-hal baru untuk menambah skill yang sudah dimiliki, tidak hanya satu atau dua skill saja. Akan tetapi, beberapa skill perlu dimiliki oleh seorang mahasiswa. Hal tersebut mempunyai tujuan agar kelak dapat berguna baik saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Salah satu skill yang sangat penting dipelajari oleh mahasiswa di era teknologi digital yang berkembang begitu pesat adalah desain grafis. Mahasiswa tidak boleh melihat sebelah mata skill ini, karena skill ini sangat berpengaruh kelak dalam dunia kerja. Belajar desain grafis bukan hanya bagi mereka mahasiswa yang kuliah di jurusan Desain Grafis atau Ilmu Komunikasi. Akan tetapi, semua mahasiswa tanpa mengenal jurusan apapun wajib memiliki skill yang satu ini.

Mengapa demikian? Seberapa pentingnya desain grafis di masa sekarang dan masa yang akan datang? Berikut ini beberapa alasan pentingnya desain grafis untuk mahasiswa:

Baca juga: Beberapa Kampus dengan Jurusan Desain Produk Terbaik

Mengembangkan diri di dunia digital

Era digital seperti saat ini membuat orang berbondong-bondong belajar terkait skill yang berkaitan dengan hal ini salah satunya desain grafis. Tahukah kamu bahwa skill ini begitu dibutuhkan di zaman serba digital seperti sekarang. Ini merupakan suatu kebanggaan buat mereka yang bisa menguasai kemampuan desain grafis. Apalagi membagikan karya-karya kalian di media sosial agar dilihat oleh banyak orang.

Menjadi sumber penghasilan

Kalau hasil desainmu keren, siap-siap kamu akan diincar banyak orang. Tentunya akan banyak pundi-pundi rupiah yang akan dihasilkan dari setiap karya pesanan yang diorder oleh orang. Kamu juga bisa membuka usaha sendiri, misalnya jasa edit foto atau membuka jasa desain poster.

Selain itu, kamu bisa bekerja sebagai freelancer, saat ini sudah banyak sekali website yang membantu para freelancer mendapatkan projek seperti sribu.com, sribulancer, project.co.id, freelancer.co.id. Keuntungan menjadi seorang desain grafis adalah kamu bisa bekerja kapan saja dan di mana saja. Jadi, tidak akan menggangu waktu kuliahmu. Di mana ada waktu luang, di situ waktunya menuangkan kreatifitasmu untuk menghasilkan cuan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Mengasah kreatifitas dan mengasah otak

Ketika kamu ingin menghasilkan sebuah karya desain, kamu tentunya akan mengasah otak kamu agar perpikir bagaimana menghasilkan suatu gambar yang menarik dengan menggabungkan beberapa gambar, warna dan juga huruf. Dengan terus melatih desain, otak kamu akan berkembang lebih baik. Kreatifitas kamu juga makin ditingkatkan. Jadi, ketika kamu ingin membuat sesuatu akan banyak sekali ide-ide yang bermunculan.

Sekian artikel tentang pentingnya desain grafis bagi mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Desain Ruang Kerja untuk WFH


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar