icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Keuntungan Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa
Siker.id | 21 Mar 2022 16:15


Bagikan ke
Manfaat mengikuti program kreativitas mahasiswa. (siker)

siker.id - Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2022 sudah dibuka, dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti pada 04 Maret 2022 menyebutkan kegiatan PKM resmi dibuka tahun ini dan proposal diterima paling lambat tanggal 31 Maret 2022 pukul 23:59 WIB.

Kabar ini tentunya sangat dinanti-nanti oleh kalian para pejuang lomba, bagaimana tidak program PKM merupakan program paling bergengsi buat perguruan tinggi di mana dengan program ini mahasiswa bisa dengan bebas melakukan inovasi dengan keilmuan yang dimiliki serta didanai oleh Dikti.

Baca juga: Berikut Tips Mendapatkan Nilai A Bagi Mahasiswa

Buat kalian yang belum tahu mengenai apa itu PKM, kalian perlu mengenalnya terlebih dahulu. PKM sendiri merupakan kegiatan rutin yang diselengarakan oleh Dikti sebagai upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif dan inovatif, serta objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

PKM tahun 2022 rupanya memiliki sedikit perubahan dan berbeda dibandingan dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan paling mencolok terletak pada jumlah program yang diikutkan biasanya hanya ada terdiri dari PKM 5 bidang.

Dengan mengikuti PKM, kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan yang paling penting sebagai mahasiswa kita perlu banyak mencari pengalaman bukan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu.

Salah satu perubahan yang paling menguntungkan pada Program Kreativitas Mahasiswa adalah kamu akan mendapatkan SKS. Bagaimana menarik bukan? Pada penjelasan umum PKM, dijelaskan jika kalian lolos penilaian tahap awal maka kalian akan mendapatkan konversi SKS dari prodi kalian setara dengan 1-2 SKS.

Baca juga: Tips Mahasiswa Tidak Bosan dengan Blended Learning

Jika kamu lolos ke tahap pendanaan tapi tidak berhasil lolos PIMNAS, maka kamu akan kembali mendapatkan tambahan SKS setara 3-5 SKS jadi total dapat dikonversi secara kumulatif setara 4-7 SKS, dan lebih menggiurkan lagi jika proposal kamu lolos sampai ke tahap PIMNAS maka kamu akan mendapatkan tambahan konversi setara 2-3 SKS.

Jadi, kalau dihitung-hitung totalnya kamu bisa mendapatkan 6-10 SKS. Bagaimana menggiurkan bukan? Selain kamu bisa mengasah kreativitas dan kemampuan kamu maka akan diberikan juga tambahan SKS.

Sekian artikel tentang manfaat mengikuti program kreativitas mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Jitu Menghadapi UTS Bagi Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar