3 Tips Adaptasi Efektif Memulai WFO
Siker.id | 21 Mar 2022 14:00


Bagikan ke
Cara adaptasi efektif memulai WFO. (siker)

siker.id - Sejak adanya pandemi, dunia kerja mengalami perubahan yang besar. Sebagian besar pekerjaan, termasuk rekrutmen, dilakukan secara online. Tanpa disadari, dua tahun telah berjalan, hingga banyak karyawan-karyawan baru yang belum pernah bertemu langsung dengan rekan kerjanya selama bekerja dari rumah dalam beberapa bulan bahkan sampai setahun.

Setelah program vaksinasi berjalan, beberapa kantor mempertimbangkan untuk menerapkan kerja di kantor (WFO) atau sistem kerja campuran (hybrid working). Namun, kembali ke kantor berarti mengubah lagi kebiasaan yang sudah berjalan. Karyawan gelombang pandemi harus menyesuaikan diri lagi dengan cara kerja ini, mulai dari hal teknis hingga penyesuaian secara psikologis. Oleh karena itu berikut tips adaptasi Kembali bekerja di kantor atau WFO dimasa pandemic ini!

Baca juga: Tips Adaptasi si Introvert di Lingkungan Kerja

Mulai kenali situasi kantor

Beberapa hari sebelum hari pertama kerja ke kantor dimulai, kamu bisa mengobrol dengan atasan atau rekan kerjamu untuk memahami kebiasaan-kebiasaan dan pola komunikasi di kantor. Ini adalah salah satu keuntunganmu sudah mengenal tim secara virtual. Meski tidak langsung mengenal kantor, ini dapat membantumu merasa sedikit familier dengan situasi kantor.

Buat kalkulasi keuangan

Dengan ongkos pulang dan pergi, uang makan siang, dan pengeluaran lainnya, bekerja di kantor bisa jadi memengaruhi keuanganmu secara keseluruhan juga. Hitunglah lagi pengeluaran harianmu agar rencana keuangan jangka panjangmu tetap di jalur yang kamu inginkan. Jika kamu berada di fase awal karir, kamu bisa membaca artikel ini tentang mengatur keuangan dengan gaji magang.

Baca juga: Berikut Ini Cara Adaptasi Dalam Lingkungan Kerja Kompetitif

Perkirakan waktu berangkat

Memperkirakan waktu berangkat adalah hal yang sederhana namun cukup penting. Setelah sekian lama bekerja dari rumah, jam bangun tidur dan memulai kegiatan mungkin cenderung lebih siang. Karena harus menyediakan waktu untuk perjalanan ke kantor, kamu harus menyesuaikan jam bangun dan jam untuk mulai bersiap. Jika kamu belum pernah ke daerah tempat kerjamu sebelumnya, alokasikan waktu 30-60 menit lebih awal dari perkiraan untuk menghindari hal tak terduga.

Sekian artikel tentang cara adaptasi memulai WFO. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Adaptasi Kerja buat Fresh Graduate


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar