3 Cara Perencanaan Karir 2022 agar Berjalan Lancar
Siker.id | 21 Mar 2022 13:15


Bagikan ke
Merencanakan karir 2022 agar berjalan lancar. (siker)

siker.id - Tahun 2022 sudah berjalan dan memasuki bulan ketiga. Tahun ini merupakan saat yang tepat untuk memikirkan kembali semua hal yang sudah kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Kita bisa melihat dalam aspek hubungan keluarga, maupun aspek profesional seperti pekerjaan sekalipun.

Saat kamu sudah melakukan kilas balik pada tahun 2021, kamu akan mendapatkan gambaran jelas tentang pencapaian yang sudah kamu lakukan. Kemudian, kamu dapat menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan diri, terutama jika kamu menjadikan tahun ini untuk fokus dalam pengembangan karir. Lalu bagaimana cara melakukan perencanaan yang tepat dengan fokus pengembangan karir di tahun 2022 ini? Berikut tipsnya!

Baca juga: 3 Alasan Pengalaman Kerja Mampu Meningkatkan Karir

Tentukan target yang jelas

Setelah kamu melakukan refleksi, kamu akan menemukan gambaran jelas tentang hal-hal yang ingin dicapai. Coba hindari membuat target yang terkesan tidak realistis.

Sebagai contoh, kamu ingin mengembangkan karir sebagai digital marketing di perusahaan A. Lalu, setelah 2 tahun, kamu kini sudah merasa siap untuk naik jabatan. Jika begitu, maka target yang jelas dan terukur bisa jadi adalah menjadi senior digital marketing officer dan bukan digital marketing manager. Jadi, pastikan bahwa target tersebut terukur.

Mengatur batasan

Hal yang dimaksud dalam mengatur batasan dalam merencanakan karir yakni memberanikan diri untuk bilang tidak kepada hal-hal yang sifatnya kurang relevan dengan proses pencapaian targetmu. Terkadang, seseorang dapat merasa harus melakukan kegiatan di luar tanggung jawabnya untuk menghindari konflik tanpa mementingkan dirinya sendiri. Jika hal ini terjadi juga pada dirimu, mulai dengan prioritaskan dirimu terlebih dulu. Coba berlatih untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang berpotensi mengalihkan prosesmu dalam mencapai target.

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Kemajuan Karir

Ambil langkah-langkah kecil

Jika kamu sudah yakin dengan target karir kamu, ini saatnya untuk menentukan langkah yang harus dicapai untuk mencapainya. Kamu dapat memulainya dengan mengetahui batu loncatan mana yang strategis dalam bentuk target-target kecil.

Hal apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai targetmu? Susun hal-hal tersebut dan pisahkan mereka menjadi target-target jangka pendek yang bertahap. Dengan begitu, kamu dapat fokus pada satu hal dan bergerak perlahan ke atas.

Sekian artikel tentang merencanakan karir agar berjalan lancar ditahun 2022. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar