3 Penyebab Anggota Tim Malas Berkontribusi
Siker.id | 19 Mar 2022 14:45


Bagikan ke
Penyebab anggota tim malas berkontribusi. (siker)

siker.id - Banyaknya anggota dalam sebuah tim kerja seharusnya memberikan hasil kerja yang positif. Pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat serta hasilnya bisa lebih maksimal.

Namun, tentu saja hal tersebut hanya akan tercapai apabila seluruh anggota tim berkontribusi secara aktif. Jika ada anggota yang malas atau pasif, ia justru bakal menghambat kerja tim.

Meski keberadaannya lebih terasa mengganggu jalannya pekerjaan ketimbang membantu, mari kita pahami dahulu apa yang kira-kira menjadi alasannya.

Baca juga: Tips Tren Bekerja di Kantor yang Modern

Tahu kontribusinya tak akan diapresiasi dengan layak

Ia merasa kapok atas pengalaman kerja selama ini. Dahulu mungkin ia sangat aktif berkontribusi dalam berbagai tugas. Akan tetapi setelah ia bekerja keras dan menyumbangkan berbagai ide, ternyata ia tak mendapatkan apa-apa sebagai bentuk apresiasi.

Manusiawi kalau dia merasa kerja kerasnya sia-sia saja. Oleh karena itu, sekarang ia begitu membatasi diri dalam kerja tim. Dia tak mau lagi sudah capek-capek dan tetap saja tidak dihargai.

Kecewa karena pendapatnya diabaikan

Seandainya pendapatnya diperhatikan apalagi dijadikan acuan oleh tim, dia pasti mau berkontribusi. Namun karena pendapat anggota lain yang diikuti, dia jadi seperti mengambek. Dia bersikap acuh tak acuh.

Tentu saja perlu dilihat kembali persoalannya. Mana yang sudah kelewatan, cara anggota yang lain dalam menyikapi pendapatnya atau memang dia tipe orang yang selalu ingin pendapatnya dinomorsatukan?

Baca juga: 3 Persiapan Saat Hari Pertama Bekerja

Kurangnya rasa tanggung jawab

Sifat tidak bertanggung jawab seperti ini memang sukar disembuhkan, kecuali dengan tekad kuat dari dia sendiri. Makin kita menekannya untuk bertanggung jawab, perilakunya malah sering kali makin menjengkelkan.

Teguran keras barangkali dapat membuatnya lebih sadar akan tanggung jawabnya untuk berkontribusi dalam kerja tim. Akan tetapi apabila ia tak jera juga, barangkali memang perlu diberi sanksi terberat yaitu dikeluarkan dari tim untuk selamanya.

Sekian artikel tentang penyebab anggota tim tidak mau berkontribusi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Teman yang Tidak Cocok Menggantikanmu Dalam Bekerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar