Berikut Beberapa Nama Jabatan di Kampus
Siker.id | 18 Mar 2022 16:30


Bagikan ke
Beberapa nama jabatan di kampus. (siker)

siker.id - Halo para mahasiswa baru, sebelum mulai kegiatan perkuliahan, ada beberapa hal yang harus kamu tahu terkait dunia perkuliahan dan kampus ya. Mulai dari istilah-istilah akademik dan juga beberapa jabatan yang ada di kampus.

Kenapa mahasiswa baru atau maba wajib mengetahui berbagai jabatan di kampus? Dengan mengenal jabatan di kampus, agar kamu nantinya tidak salah saat ingin mengurus hal-hal yang berhubungan dengan perkuliahan. Malu kan, mau minta tanda tangan ketua jurusan tapi tidak tahu jabatannya.

Selain itu, istilah-istilah jabatan yang paling sering didengar seperti kaprodi, rektor, atau dekan. Namun sebenarnya masih banyak jabatan lain di universitas yang harus kamu ketahui.

Berikut ini beberapa istilah jabatan di kampus:

Baca juga: Berikut Beberapa Jenis Pembayaran Kuliah MABA

Rektor

Rektor merupakan seseorang yang memimpin perguruan tinggi. Dalam menjalankan tugasnya seorang rektor bekerja di rektorat. Tugas seorang rektor yaitu memimpin lembaga perguruan tinggi agar mampu mencapai visi yang ditetapkan.

Dekan

Dekan adalah Kepala Fakultas di sebuah perguruan tinggi. Dekan adalah pemimpin administratif sekaligus pemimpin tertinggi di fakultas.

Kajur

Kajur adalah singkatan dari Ketua Jurusan. Mereka mengepalai sebuah jurusan. Mereka memiliki tanggung jawab atas berbagai hal yang terjadi pada sebuah jurusan atau program studi.

Kaprodi

Kaprodi adalah sebutan dari Ketua Program Studi. Kaprodi sendiri adalah pimpinan tertinggi dalam struktur program studi. Kaprodi memiliki tanggung jawab untuk penyelenggaraan program studi yang dipimpinnya.

Baca juga: 5 Tips Pemilihan Kampus Kelas Karyawan

Kadep

Ketua Departemen atau yang sering disingkat dengan Kadep adalah seseorang yang bertugas memimpin tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugasnya untuk melayani mahasiswa. Kadep sendiri memiliki tugas khusus dalam penyediaan fasilitas perkuliahan, praktikum, dan tugas akhir.

Guru Besar

Guru besar merupakan jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi. Guru besar ini memiliki peran dalam memajukan institusi khususnya perguruan tinggi baik dalam pokok maupun fungsinya.

Kahim

Kahim adalah singkatan dari Ketua Himpunan Mahasiswa. Kahim memiliki tugas untuk bertanggung jawab atas organisasi yang ada di internal maupun eksternal kampus.

Kabem

Istilah jabatan di kampus selanjutnya adalah Kabem sendiri adalah singkatan dari Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). BEM sendiri merupakan organisasi mahasiswa intra kampus yang biasanya terdapat dalam tiap fakultas dan universitas.

Sekian artikel tentang beberapa nama jabatan di kampus. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Sukses Presentasi Pertama di Kampus


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar