icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Mahasiswa Tidak Bosan dengan Blended Learning
Siker.id | 18 Mar 2022 14:30


Bagikan ke
Mahasiswa tidak bosan dengan pembelajaran blended learning. (siker)

siker.id - Proses penyampaian mata kuliah di dunia pendidikan saat ini memang sedikit bergeser. Kegiatan belajar mengajar tak dilakukan secara tatap muka saja. Namun juga dilakukan secara daring.

Dalam proses ini biasanya dikenal dengan istilah blended learning. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan perpaduan online dan offline ini bisa mempermudah mahasiswa menyerap materi yang diberikan oleh dosen.

Nah, semakin berjalannya waktu, mahasiswa rupanya sangat menyukai kegiatan blended learning ini lho. Kegiatan perkuliahan dengan menggunakan metode blended learning ini bisa dibilang cukup seru bagi mahasiswa. Kira-kira alasannya apa sih?

Berikut ini beberapa tips pembelajaran blended learning bagi dosen:

Baca juga: 3 Manfaat Lulus Kuliah Tepat Waktu

Menggunakan Media Video / Interaktif

Metode pembelajaran blended learning sangat disukai oleh kalangan para mahasiswa. Gimana nggak, pembelajaran blended learning ini lebih mengedepankan teknologi yang mutakhir. Mulai dari penggunaan media yang mumpuni, hingga menggunakan video yang sangat interaktif. Jadi mereka mereka lebih tertarik dengan media video ini daripada tulisan di papan atau baca buku

Quick Feedback

Blended learning biasanya menggunakan Learning Management System (LMS) yang memadai. Terkait dengan skoring online saat ujian, komen, dan like (instant gratification). Mahasiswa akan segera mendapatkan dengan lebih cepat. Mahasiswa bisa langsung mengetahui kesalahan pekerjaan mereka dan bisa melakukan diskusi terkait hasil skoring ini.

Bisa mengatur kecepatan belajar sendiri

Jika kamu belajar dengan metode konvensional, kamu masih merasa kesulitan untuk mengimbangi teman-teman kamu yang terlampau ke depan. Namun, dengan menggunakan metode pembelajaran ini kamu bisa mengatur kecepatan belajarmu sendiri. Mau belajar lambat atau belajar cepat semua bisa kamu dapatkan disini.

Bahkan buat yang pengen belajar kebut semalam pun juga bisa lho. Yang pasti belajar dengan metode blended learning ini gak bikin rugi siswa deh. Semua bisa mengikuti sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca juga: Berikut Tips Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah

Mudah melakukan diskusi

Dengan metode ini para mahasiswa juga bisa lho belajar dengan cara diskusi. Mereka akan dibuat berkelompok dan bisa saling sharing materi perkuliahan tersebut. Tujuan dibuat kelompok-kelompok ini supaya dosen juga mudah memberikan tugas yang berbeda.

Selain itu mahasiswa juga bisa dibagi berdasarkan kelompok sosial mereka, mulai dari kelompok mahasiswa elite , kelompok siswa underperform, kelompok siswa cerdas, dan lainnya. Semuanya bisa dibagi secara merata oleh dosen agar lebih mudah dilakukan evaluasi.

Belajar lebih asyik

Bayangkan saja kasus bosen di kelas nungguin dosen menjelaskan materi. Sementara mahasiswa lain sibuk ngerumpi di belakang. Duh udah gak jaman guys. Dengan blended learning ini, mahasiswa bisa berbaur dengan teknologi dengan menggunakan Learning Management System (LMS).

LMS ini semakin mempermudah mahasiswa untuk belajar lebih asyik. Bagaimana tidak, mereka bisa memanfaatkan berbagai macam bentuk dan metode mulai dari video, animasi, teks, chatting, dan lainnya. Di sinilah mahasiswa sangat menikmati proses belajar seperti ini.

Sekian artikel tentang tips mahasiswa tidak bosan dengan pembelajaran blended learning. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Manfaat Kuliah Sambil Kerja Bagi Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar