3 Jenis Diskriminasi yang Terjadi di Tempat Kerja
Siker.id | 18 Mar 2022 13:00


Bagikan ke
Diskriminasi yang terjadi di tempat kerja. (siker)

siker.id - Diskriminasi selama ini oleh banyak orang dikira hanya ada di ruang lingkungan social saja. Orang yang dianggap "berbeda" kemudian kerap dikucilkan atau diperlakukan dengan buruk. Sering tak disadari, diskriminasi pun sebenarnya bisa terjadi juga di tempat kerja meski seharusnya kantor idealnya menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk semua.

Di tempat kerja bentuk-bentuk diskriminasi bisa berbagai macam dan sering kali tidak terlihat karena memang dilakukan dalam bentuk halus serta orang yang melakukan diskriminasi ini selalu beranggapan bertujuan untuk kemajuan karir seseorang. Padahal Namanya diskriminasi ya tetap diskriminasi. Untuk mengetahui apa saja diskriminasi yang terjadi di tempat kerja berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Cara Bertahan Lama di Tempat Kerja

Bicara dengan nada yang merendahkan

Sering mendengar komentar seperti “ Ah kamu perempuan mana bisa naik jabatan?” Meski nadanya terdengar bercanda, ini adalah tanda diksriminasi, apalagi jika hal serupa diucapkan berulang. Selain membuat kamu tak nyaman, komentar seperti ini menciptakan ruang lingkup yang toxic.

Tak cukup hanya direndahkan sebagai perempuan, hasil kerjamu pun selalu diremehkan. Awalnya orang tersebut mungkin hanya meragukan kinerjamu. Tapi, tidak menutup kemungkinan dia akan membawa-bawa konteks diskriminasi yang sama saat kamu sedang mengalami kesulitan.

Kamu tidak mendapat upah yang sesuai

Beberapa perusahaan memiliki peraturan bahwa antar karyawan dilarang membicarakan gaji. Apakah tempat kerjamu juga seperti ini? Peraturan konyol semacam ini adalah cara perusahaan untuk menutupi praktik upah yang tidak adil antara satu karyawan dengan lainnya.

Padahal, sejatinya dengan posisi yang sama, tingkat kesulitan dan banyak pekerjaan yang sama, gaji harus dibayarkan sama. Selain jumlah, ketepatan waktu membayarkan gaji juga sering kali dibedakan jika kantormu memang memiliki budaya diskriminasi akut.

Baca juga: 3 Cara Hadapi Kritikan di Tempat Kerja

Favoritisme pada salah satu karyawan

Diskriminasi di tempat kerja juga bisa terjadi karena adanya perasaan mengistimewakan salah satu pekerja, atau bisa juga disebut dengan favoritisme. Secara terus menerus, kamu akan mengalami perlakuan yang berbeda dari atasan kepada rekan kerja yang posisinya sama.

Misalnya orang lain mendapat tugas yang lebih mudah atau tak sebanyak kamu, orang lain bisa mudah ajukan cuti, atau ruang kerja yang lebih bagus. Bukan hanya karena perasaan lebih menyukai, tapi favoritisme ini bisa juga terjadi karena adanya hubungan saudara.

Sekian artikel tentang jenis diskriminasi yang terjadi di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Konflik yang Sering Terjadi di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar