3 Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Kemajuan Karir
Siker.id | 18 Mar 2022 10:45


Bagikan ke
Pemanfaatan media sosial untuk kemajuan karir. (siker)

siker.id - Media sosial atau yang lebih sering disingkat dengan medsos adalah makanan yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Rasanya hampir semua orang memiliki akun medsos mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Medsos juga mengambil peran besar dalam perkembangan karier seorang individu.

Bagi tim HR (Human Resource), akun medsos yang dimiliki oleh Anda adalah cerminan kepribadian. Segala postingan yang ada pada medsos Anda dinilai lebih menggambarkan diri Anda dibandingkan saat sesi interview. Melalui media social akan dengan mudah memperkenalkan diri, mencari lowongan pekerjaan, menjalin kerjasama dengan orang lain, menggali minat dan bakat, bahkan menemukan mentor untuk berlatih. Berikut cara tepat memanfaatkan media social untuk kemajuan karir.

Baca juga: 4 Tips Rapikan Media Sosial agar Dilirik HRD

Pergunakan Media Sosial untuk Menunjukkan Keahlian

Beberapa jenis profesi memiliki akun profesional dan portofolio yang terpisah. Penggunaan media sosial sebagai portofolio sangat berguna untuk menunjukkan keahlian Anda.

Contohnya seorang Content Writer umumnya mempunyai blog atau web yang digunakan untuk menghimpun portofolio online yang bisa diakses dengan bebas. Maka keahlian Anda mampu menjangkau audiens yang lebih besar dan menginspirasi banyak orang.

Berdiskusi dengan Bermacam Orang

Media sosial dan internet penuh dengan orang dengan beragam keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman di berbagai bidang. Interaksi dengan individu yang tepat dapat menjamin pertumbuhan pribadi dan karier.

Pastikan Anda membuat koneksi yang sesuai dengan bidang spesialisasi pekerjaan dan terlibat dalam diskusi yang bermanfaat. Dengan demikian, nilai dan koneksi Anda di mata orang lain jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca juga: Berikut Manfaat Media Sosial dalam Dunia Kerja

Kurasi Konten untuk Keterampilan

Medsos diakses banyak orang termasuk pemilik perusahaan. Sering kali mereka membuat berbagai macam konten yang berkaitan dengan wawasan dan keterampilan dunia kerja. Untuk memanfaatkan ini, Anda dapat mengkurasi konten yang berfokus pada keahlian dan keterampilan.

Dianjurkan untuk memastikan bahwa konten yang Anda lihat dan pelajari adalah konten yang valid dan bersumber dari ahlinya.

Sekian artikel tentang memanfaatkan media social untuk kemajuan karir. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Melamar Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar