icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 3 Cara Meningkatkan Daya Ingat Seseorang
Siker.id | 17 Mar 2022 14:45


Bagikan ke
meningkatkan kemmapuan daya ingat seseorang. (siker)

siker.id - Deadline sudah di depan mata, tetapi tiba-tiba ada yang terlupa? Sesekali lupa adalah hal yang wajar dialami semua orang. Namun, jika terlalu sering pasti akan mengganggu aktivitas. Lupa dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan juga sering dialami karyawan saat di kantor. Secara sederhana, daya ingat adalah kemampuan seseorang untuk mengingat sesuatu baik informasi jangka panjang maupun jangka pendek.

Daya ingat seseorang bisa saja menurun karena beberapa faktor seperti usia, asupan gizi yang tidak seimbang, kurang olahraga, dan lain-lain. Performa kerja karyawan sangat dipengaruhi oleh daya ingat. Tentunya tidak ada satupun karyawan yang ingin performa kerjanya menurun, bukan? Cara meningkatkan daya ingat sebenarnya tidak sulit sama sekali. Berikut tipsnya!

Baca juga: Pahami 3 Hal ini Jika Ingin Pindah Karir

Catat Skala Prioritas

Cara meningkatkan daya ingat yang selanjutnya adalah menentukan skala prioritas dan mencatatnya di kertas. Menulis dengan tangan dapat merangsang otak untuk mengingat apa yang sedang dikerjakan dan mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Cara ini cukup lebih efektif dibandingkan mengetik skala prioritas di ponsel pintar Anda. Menentukan skala prioritas dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk menentukan pekerjaan mana yang harus selesai terlebih dahulu dan mana yang sekiranya bisa diselesaikan nanti. Kinerja menjadi terarah dan lebih fokus.

Tidur Cukup dan berkualitas

Cara meningkatkan daya ingat yang terakhir adalah tidur. Kok tidur? Dalam padatnya kinerja karyawan yang sangat sibuk, sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Sebuah penelitian menyatakan bahwa tidur yang nyenyak dapat membantu otak untuk menumbuhkan sel-sel baru untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat Anda. Waktu rata-rata yang dibutuhkan orang dewasa untuk tidur adalah 7 – 9 jam dalam sehari. Ketika pulang kerja, langsung istirahat.

Baca juga: 4 Tips Menjadi Pribadi yang Bertumbuh dalam Karir

Senam Otak

Pada saat manusia mencapai usia dewasa, otak telah mengembangkan jutaan jalur saraf yang memproses dan mengingat informasi dengan cepat. Tetapi jika seseorang selalu berpegang pada cara yang selalu sama untuk menyelesaikan suatu hal, otak tidak akan menerima stimulasi yang dibutuhkan untuk terus tumbuh dan berkembang. Tak hanya badan yang butuh senam, otak pun juga butuh senam. Semakin sering Anda melatih otak, semakin baik Anda dalam memproses dan mengingat informasi.

Sekian artikel tentang tips meningkatkan daya ingat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Memulai Karir dalam Dunia Politik


Editor: Theo Adi -

     

Komentar