icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Hambatan Perusahaan dalam Mengambil Keputusan
Siker.id | 17 Mar 2022 14:00


Bagikan ke
hambatan perusahaan saat mengambil keputusan. (siker)

siker.id - Kondisi lingkungan bisnis yang dinamis membuat perusahaan dihadapkan oleh berbagai macam pilihan dengan konsekuensinya masing-masing. Berbagai pilihan harus ditelusuri mendalam agar perusahaan mengambil keputusan yang tepat dan meminimalisir segala resiko dari keputusan tersebut. Mustahil bagi perusahaan untuk mampu menjalani proses bisnisnya tanpa keputusan yang baik.

Pengambilan keputusan adalah hasil atau output pemikiran kognitif yang mengarahkan kepada satu pilihan dari beberapa alternatif yang ada sebagai cara pemecahan masalah. Dengan demikian perusahaan dapat menentukan 1 pilihan diantara banyak pilihan. Meskipun tujuan dari mengambil keputusan adalah menyelesaikan masalah, mengambil keputusan tidak mungkin selalu berjalan mulus dan lancar. Berikut beberapa hambatan dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: 3 Manfaat Penggunaan Software HR bagi Perusahaan

Keliru Memahami Informasi

Kekeliruan dalam memahami peranan informasi dapat menjadi hambatan besar dalam mengambil keputusan. Jika perusahaan mengambil keputusan dengan pemahaman yang salah terhadap sebuah informasi, keputusan yang diambil tidak akan tepat. Informasi yang digunakan harus lengkap, kredibel, dan disimpan dengan hati-hati.

Informasi yang Berlebih atau Terlalu Sedikit

Memiliki banyak informasi sering dianggap bermanfaat, tetapi jika informasi itu tidak dikumpulkan dengan benar justru akan merepotkan. Perusahaan dapat merasa salah arah dan bingung saat informasi yang tersaji terlalu banyak dan tidak berkelompok dengan benar. Sementara itu, tidak memiliki cukup informasi untuk mendukung keputusan juga tidaklah baik. Perusahaan harus mengetahui informasi yang relevan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Baca juga: Berikut Ini Manfaat Payroll bagi Perusahaan

Kurang Waktu

Keputusan yang tergesa-gesa sering kali menimbulkan dampak yang menghancurkan. Namun, bisnis dalam keadaan darurat harus menghadapi kurangnya waktu. Hal ini dapat menjadi rintangan yang paling sulit bagi kebanyakan perusahaan

Keraguan

Kendala yang paling kuat sebenarnya berakar pada diri Anda sendiri. Keraguan menyebabkan seseorang tidak dapat bertindak tegas. Seringkali seorang manajer diserang oleh keraguan dalam berpikir dan mengambil tindakan.

Sekian artikel tentang hambatan perusahaan dalam mengambil keputusan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Pentingnya Program Manajerial di Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar