icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tata Cara Mengurus Surat Keterangan Usaha
Siker.id | 17 Mar 2022 11:45


Bagikan ke
Tata cara mengurus surat keterangan usaha. (siker)

siker.id - Sebuah usaha akan lebih baik jika didukung dengan dokumen tertentu yang menunjang legalitas perusahaan. Salah satu dokumen penunjang tersebut adalah Surat Keterangan Usaha (SKU). SKU adalah bukti nyata sebagai legalitas atas keberadaan suatu usaha. Dokumen ini berguna untuk mengajukan kredit usaha dan mengubah tarif listrik. Tanpa SKU, sebuah usaha akan kesulitan dalam menjalankan operasional, khususnya jika Anda baru saja merintis usaha.

Baca juga: 4 Tips Follow Up Bisnis yang Baik

Fungsi Surat Keterangan Usaha

Adapun fungsi dan kegunaan dari surat keterangan usaha adalah:

• Memudahkan pengajuan modal dan kredit;

• sebagai bukti legalitas usaha;

• Syarat pengajuan pinjaman dan kredit;

• Syarat pembuatan NPWP;

• Dokumen mengubah tarif listrik rumah ke tarif bisnis.

Dokumen Pengurusan Surat Keterangan Usaha

Berikut ini beberapa dokumen penting yang digunakan dalam mengurus Surat Keterangan Usaha:

• Surat Pengantar RT atau RW;

• Kartu Tanda Penduduk asli dan fotokopi;

• Kartu Keluarga asli dan fotokopi;

• Surat Pernyataan atau Permohonan.

Tahapan Mengurus Surat Keterangan Usaha

Setelah tahu fungsi dan dokumen apa saja yang diperlukan dalam mengurus Surat Keterangan Usaha, berikut ini penjelasan mengenai tahapan dalam mengurus surat keterangan usaha:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Bisnis Manajemen

Persiapkan Dokumen Pribadi

Siapkan dokumen seperti KTP dan KK asli beserta fotokopi dan surat permohonan. Proses pembuatan SKU tidak memerlukan biaya.

Meminta Surat Pengantar RT atau RW

Langkah berikutnya meminta Surat Pengantar RT atau RW. Pengurus RT atau RW akan mengesahkan surat sesuai permintaan.

Mengurus ke Kantor Kelurahan

Sampaikan maksud permohonan Anda kepada petugas kelurahan. Petugas akan memberikan formulir permohonan SKU. Pastikan Anda mengisi dengan benar karena informasi yang akan terekam merupakan catatan resmi negara dan SKU.

Mengurus ke Kantor Kecamatan

Selesai mengurus cara membuat SKU di Kantor Kelurahan, terakhir adalah mengurus pengesahan di Kantor Kecamatan. Pengesahan untuk SKU dari kecamatan ditandai dengan stempel. Apakah pengesahan akan memerlukan waktu lama? Ada baiknya Anda tanyakan seberapa lama harus menunggu. Stempel yang diberikan kecamatan tersebut mengesahkan usaha dalam selembar SKU yang disertai nomor surat.

Sekian artikel tentang Langkah pengurusan surat keterangan usaha. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Kiat Memulai Bisnis dari 0 Buat Pemula


Editor: Theo Adi -

     

Komentar