Berikut ini Tugas Utama dari Sekretaris
Siker.id | 16 Mar 2022 17:30


Bagikan ke
Tugas utama seorang sekretaris. (siker)

siker.id - Apa yang terbayang saat Anda mendengar kata sekretaris? Wanita dengan penampilan rapi dan selalu berada di kantor dengan membawa map untuk sang pemimpin? Tidak salah karena memang sekretaris pasti selalu berurusan dengan pemimpinnya. Sekretaris adalah seseorang yang bertugas membantu pekerjaan bos/pemimpin.

Selain membantu pekerjaan pemimpin, sekertaris juga terkadang diberi kepercayaan untuk mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan karena sekretaris berhubungan langsung dengan pemimpin. Tugas-tugas seorang sekretaris sangat penting karena tanpa adanya sekretaris, pimpinan akan sulit fokus pada pekerjaan-pekerjaan besar sebagai seorang pemimpin sehingga harus ada seorang sekretaris yang mengurusi keperluan-keperluan “kecil” sang pemimpin.

Banyak orang beranggapan bahwa seorang sekretaris profesional hanya profesi yang dapat dilakukan oleh seorang wanita yang memiliki penampilan cantik dan menarik. Anggapan itu tidak benar karena seorang sekretaris tidak harus seorang wanita, seorang pria pun dapat menjadi sekretaris. Apabila sekeretaris itu adalah seorang wanita maka tidak selalu harus wanita yang menarik secara fisik. Agar Anda lebih dalam lagi mengenai pengertian sekretaris.

Berikut ini beberapa tugas sekretaris :

Baca juga: Jenis Pekerjaan Untuk yang Passion Menulis

• Tugas Rutin merupakan tugas yang harus setiap hari dikerjakan tanpa harus berhubungan dengan pemimpin, contohnya mengetik surat-surat , menerima telepon, menerima tamu (jika ada), menata berkas-berkas dan surat-surat.

• Tugas Khusus merupakan tugas yang berasal dari perintah khusus dari pimpinan untuk sesuatu yang lebih spesifik, atau tugas yang sifatnya membutuhkan pertimbangan yang baik dan rasional dari seorang sekretaris.

Baca juga: 3 Pekerjaan Online ini Cocok Buat Mahasiswa

• Tugas Kreatif merupakan tugas yang muncul dari inisiatif atau pemikiran sekretaris profesional itu sendiri dan tujuannya untuk membantu kenyamanan pemimpin di kantor. Contohnya memilih warna yang cocok untuk tirai jendela agar pemimpin tidak bosan dengan suasana kantor.

• Tugas Menjalin Hubungan merupakan tugas seorang sekretaris yang berperan sebagai contact person pemimpinnya disaat ada kerja sama dengan perusahaan/organisasi lain. Saat seperti itu, sekretaris harus bijak dalam berhubungan dengan rekan bisnis dari perusahaan lain agar tercipta hubungan yang baik.

Sekian artikel tentang tugas utama seorang sekretaris. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Pekerjaan Sampingan yang Dicari Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar