Berikut ini Tugas Utama Staf Administrasi
Siker.id | 16 Mar 2022 16:45


Bagikan ke
Tugas utama staf administrasi. (siker)

siker.id - Staf administrasi adalah salah satu pekerjaan yang sering dianggap remeh. Padahal seperti pekerjaan lainnya, menjadi staf administrasi juga membutuhkan keahlian khusus. Posisi ini punya porsi cukup besar dalam perusahaan.

Untuk mendapatkan pelamar terbaik, penting sekali bagi seorang HRD untuk mengetahui keahlian apa yang harus dimiliki seorang staf administrasi. Begitu juga dengan apa yang menjadi tugas administrasi perkantoran.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Karir sebagai Kasir Bank

Staf Administrasi Adalah Pekerjaan Mudah?

Staf administrasi adalah pekerjaan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Tidak hanya sekadar ketik mengetik saja. Tapi lebih daripada itu, tanpa staf administrasi yang handal, kegiatan perusahaan bisa berantakan.

Seorang staf administrasi adalah kunci semua aktivitas perusahaan berjalan lancar. Ia mengorganisir jadwal meeting dan berbagai macam kegiatan yang ada di perusahaan. Untuk itu, staf administrasi yang baik adalah mereka yang punya manajemen waktu yang baik.

Belum lagi, ia juga harus punya kemampuan dalam menguasai teknologi.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Staf Administrasi

Staf administrasi adalah orang yang memiliki perhatian terhadap detail dan cermat. Ini karena staf admin kantor akan banyak terlibat dengan persoalan susun menyusun baik data hingga agenda kerja.

Selain itu, komunikasi juga jadi keterampilan yang tidak kalah penting mengingat nantinya staf administrasi lah yang harus menyusun agenda kerja lalu berkoordinasi dengan staf lain dan atasan.

Tidak ketinggalan juga kecepatan dalam mengetik dan menyiapkan data adalah keterampilan utama yang perlu dilihat dari pelamar staf admin.

Berikut ini beberapa tugas staf administrasi :

Membuat Agenda Kantor

Ini merupakan salah satu tugas administrasi yang paling penting.

Bagian administrasi perkantoran wajib menyiapkan agenda untuk kegiatan-kegiatan kantor. Contohnya menjadwal meeting dengan pihak internal, mengatur pertemuan dengan klien, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Memulai Karir dalam Dunia Politik

Membuat Surat

Staf admin bertugas membuat surat keperluan kantor seperti surat perintah kerja, surat penawaran barang dan jasa, surat perpanjangan kontrak, surat penjualan, hingga beberapa jenis surat lainnya.

Mengelola Dokumen Perusahaan

Tugas administrasi perkantoran juga meliputi mengelola dokumen perusahaan. Dokumen tersebut di antaranya laporan keuangan, catatan harian, notulensi rapat, dan lain-lain.

Sekian artikel tentang tugas utama staf administrasi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Karir untuk Kepala Redaksi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar