4 Tips Menjadi Pengusaha yang Sukses
Siker.id | 16 Mar 2022 14:30


Bagikan ke
Cara menjadi pengusaha yang sukses. (siker)

siker.id - Pengusaha adalah sebuah profesi yang cukup diidamkan banyak orang. Walau terkesan hebat, pengusaha sebenarnya harus serba bisa, jago dalam hal melobi, punya koneksi, dan bisa diandalkan. Banyak yang gagal menjadi pengusaha sukses karena kurangnya ketekunan dan niat yang masih setengah – setengah. Menjadi pengusaha sukses pun diperlukan kerja ekstra dan ketekunan yang terus menerus. Apa saja yang harus dilakukan jika ingin menjadi pengusaha yang sukses? Berikut ini tipsnya!

Baca juga: Berikut 5 Cara Berpikir Pengusaha Sukses

Percaya Diri

Pengusaha harus mempercayai apa yang ia tawarkan sebelum membuat orang lain percaya pada produk yang ditawarkan. Bagaimana membuat orang lain percaya atau tergoda untuk menggunakan atau membeli produk atau layanan kita jika kita saja tidak pernah mengetahui bagaimana rasanya?

Seorang pengusaha tidak hanya harus yakin dan percaya diri pada calon pelanggannya tetapi juga investor jika modal yang digunakan diperoleh dari investor.

Segera Lakukan

Ide dan inovasi tidak bisa dipendam terlalu lama. Jika sudah jelas, laksanakan karena ide tersebut juga harus sesuai timingnya. Jika tidak, ada berjuta – juta pengusaha lainnya yang juga sudah memikirkan ide tersebut. Maka, rencana saja tak akan cukup untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Baca juga: Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengusaha?

Berani ambil risiko dan tidak mudah takut

Pengusaha yang sukses bisa lahir karena mereka mampu mengambil resiko dan mengesampingkan rasa takut. Tapi jangan salah kaprah, banyak pengusaha gagal juga dilahirkan dari terlalu sembrono mengambil risiko dan over confidence. Keberanian mengambil resiko juga harus didukung dengan kalkulasi dan analisa. Tidak sembarangan berani mengambil resiko jika tidak memprediksi bagaimana outcome yang mungkin dihasilkan dari keputusan yang diambil.

Koneksi

Penting bagi seorang pengusaha untuk mencari koneksi dan membangun relasi. Karena calon – calon pelanggan serta investor lahir dari koneksi tersebut. Pengusaha harus serba bisa mendekat dan masuk ke dalam lingkaran – lingkaran dari berbagai kultur dan lingkungan. Apalagi jika lingkaran tersebut sudah spesifik menjadi targetnya. Perluas sebanyak – banyaknya koneksi.

Sekian artikel tentang tips menjadi pengusaha sukses. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Memilih Jadi Pengusaha?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar