4 Tips Mendapatkan Supplier Terpercaya
Siker.id | 16 Mar 2022 13:45


Bagikan ke
Cara mendapatkan supplier terpercaya. (siker)

siker.id - Di dalam dunia usaha terutama pada usaha atau bisnis jual beli produk, kehadiran supplier atau pemasok produk merupakan hal yang penting bagi perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur. Tanpa adanya pasokan barang yang baik dan stabil, maka proses produksi dapat terganggu dan berjalan tidak seimbang. Bila hal ini terjadi terus menerus maka akan berdampak kepada jalannya bisnis terutama produksi secara keseluruhan. Lalu, bagaimana caranya mencari supplier yang tepat dan terpercaya? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut ini Tips Memulai Bisnis Salon

Seberapa Besar Kemampuan

Karena pemasok bertindak sebagai penyedia bahan baku, maka kemampuan untuk memenuhi kebutuhan Anda menjadi sangat krusial. Apabila Anda menemukan perusahaan pemasok memiliki kemampuan yang setara dengan kapasitas produksi Anda, maka Anda perlu waspada. Bahan baku bisa dikatakan aman apabila ketersediaan bahan mentah melebihi kapasitas produksi Anda. Sehingga apabila pasokan mengalami hambatan, Anda masih bisa tetap berproduksi.

Pelajari Rekam Jejak Supplier

Untuk melihat apakah supplier bisa dipercaya atau tidak, Anda bisa melihat dari rekam jejak yang dimiliki. Pelajari bagaimana tanggapan dari pembeli mereka sebelumnya. Apakah pembeli-pembeli mereka puas? Jika hanya ada sedikit keluhan maka Anda bisa menaruh kepercayaan pada supplier tersebut. Sebaliknya, bila Anda menemukan banyak keluhan, maka sebaiknya cari alternatif lain.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Peternakan Ayam

Perhatikan Aspek Kejujuran

Tidak ada acuan lain sekuat kejujuran. Dunia usaha dan bisnis adalah dunia yang menitikberatkan pada kepercayaan. Kejujuran adalah bahan bakar agar kepercayaan dapat tumbuh. Anda bisa perhatikan semenjak kali pertama Anda berinteraksi. Apakah kualitas bahan sesuai dengan proposal yang mereka miliki? Apakah mereka mampu memenuhi pengiriman bahan baku sesuai dengan kesepakatan? Bagaimana garansi produk yang mereka sebutkan pada perjanjian dengan kenyataan di lapangan?

Kualitas, Kualitas dan Kualitas

Dalam bisnis apapun, efisiensi dana memang diperlukan. Namun, bahan baku pun tak boleh dikesampingkan. Dengan kualitas bahan baku yang baik maka dapat dipastikan hasil akhir produk Anda akan terjaga pula kualitasnya. Oleh karenanya pastikan pemasok hanya memberikan produk yang berkualitas tinggi sesuai dengan jumlah yang perusahaan butuhkan.

Sekian artikel tentang tips mencari supplier terpercaya. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Pentingnya Menyiapkan Presentasi Bisnis yang Menarik


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar