3 Tips agar Produk Tembus Pasar Internasional
Siker.id | 16 Mar 2022 13:00


Bagikan ke
Produk tembus pasar internasional. (siker)

siker.id - Begitu bisnis mulai berjalan lancar di dalam pasar domestik, ada baiknya perusahaan mulai merambah pasar internasional adalah salah satu pilihan terbaik untuk menaikkan bisnis Anda ke level berikutnya. Potensi pasar internasional sangatlah besar, mulai dari jumlah pelanggan yang lebih besar sampai nilai jual produk yang akan terus meningkat, banyak keuntungan yang didapat dari memperluas bisnis ke kancah internasional.

Tetapi faktanya ternyata banyak tantangan untuk bisa membuat produk besar di pasar internasional, selain karena banyaknya produk-produk pesaing yang sudah punya nama. Berikut ini beberapa tips agar produk yang dimiliki bisa tembus pasar internasional.

Baca juga: 4 Tips Follow Up Bisnis yang Baik

Kembangkan strategi yang matang

Strategi operasional serta penjualan yang matang perlu untuk disusun sebelum mulai merambah ke pasar internasional karena setiap negara yang dituju memiliki proses yang berbeda-beda.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan hal-hal seperti menggunakan pemasok lokal untuk menghemat biaya, atau bekerja sama dengan importir lokal untuk memudahkan proses operasional. Keputusan-keputusan seperti ini akan mengoptimalkan kinerja bisnis dengan biaya yang lebih hemat.

Ketahui seberapa besar modal yang dimiliki

Agar sukses ketika merambah ke pasar internasional, perlu adanya rencana keuangan jangka panjang yang memastikan bahwa bisnis yang Anda jalani siap secara finansial. Jika Anda tidak memiliki cukup modal untuk investasi awal, pertimbangkan dari mana Anda akan mendapatkan uang tersebut. Perlu diingat bahwa melakukan ekspansi secara internasional tidak serta merta mendatangkan keuntungan secepatnya.

Baca juga: Berikut Kiat Memulai Bisnis dari 0 Buat Pemula

Sesuaikan produk dengan kebutuhan pasar tiap negara

Untuk menarik perhatian pelanggan dari tiap negara yang diincar, pemasaran serta produk yang ditawarkan harus disesuaikan dengan penduduk lokal. Kenali perilaku berbelanja orang-orang pada negara yang Anda tuju dan sesuaikanlah proses pemasaran serta produk Anda dengan itu. Misalnya negara yang Anda incar adalah negara yang tidak berbahasa Inggris, maka gunakanlah bahasa negara tersebut selama memasarkan produk Anda.

Sekian artikel tentang tips agar produk bisa tembus pasar internasional. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Manfaat Testimoni Pelanggan untuk Bisnis


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar