icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Contoh Jurnal Internasional untuk Mahasiswa
Siker.id | 15 Mar 2022 15:30


Bagikan ke
Jurnal internasional untuk mahasiswa. (siker)

siker.id - Untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan referensi atau tambahan materi, bisa menggunakan jurnal-jurnal mutakhir. Beberapa jurnal kini telah dapat diakses melalui situs-situs online tertentu.

Baru-baru ini, jurnal Internasional seringkali dijadikan acuan. Hal itu disebabkan jurnal-jurnal Internasional dapat membuka peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri.

Jurnal Internasional adalah sebuah publikasi yang dibuat dalam bentuk artikel. Artinya, jumlah kata dalam karya ilmiah ini terbatas. Jika dibandingkan dengan penulisan ilmiah akademik, seperti skripsi, kedudukan jurnal lebih bergengsi.

Berikut beberapa rekomendasi situs jurnal Internasional terbaik yang bisa kamu akses untuk mencari referensi jurnal.

Berikut ini 5 Situs Jurnal Internasional Terbaik:

Baca juga: Tips Tembus TOEFL Diatas 500 Bagi Mahasiswa

Microsoft Academic

Microsoft Academic menyediakan referensi jurnal ilmiah dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kamu dapat mengakses situs ini dan mengetik kata kunci yang ingin kamu cari. Sistem pencarian dalam situs ini juga dapat melakukan filter sesuai dengan perintahmu. Misalnya, kamu mencari jurnal berdasarkan penulis, kamu bisa klik “author” dan “date range” untuk mengerucutkan tahun terbit jurnal.

Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah situs yang berisi direktori jurnal dan artikel ilmiah dengan akses terbuka atau dengan kata lain, open access. Situs ini dirilis pada tahun 2003. Sejak situs dirilis, telah tersedia 11.000 jurnal dari 127 negara. Tak hanya itu, lebih dari 4 juta artikel pun telah tersimpan dalam situs ini.

Google Scholar

Situs jurnal Internasional ini merupakan milik perusahaan Google. Dalam situs ini tersedia ratusan jurnal ilmiah yang bisa diakses dengan beragam format. Jurnal yang tersedia pun beragam, mulai dari jurnal Indonesia hingga jurnal Internasional. Jenis karya ilmiah yang tersedia pun mulai dari tesis, jurnal, dan e-book. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis melalui situs ini.

Baca juga: Berikut Manfaat Kuliah Sambil Kerja Bagi Mahasiswa

ResearchGate

Situs ResearchGate adalah platform media sosial khusus untuk para peneliti. Dalam situs tersebut, terdapat forum diskusi yang dapat diakses para peneliti dari seluruh dunia. Situs ini juga dapat diakses oleh mahasiswa S1 dan S2 untuk mencari referensi jurnal untuk membuat karya ilmiah. Namun, beberapa jurnal membutuhkan izin akses atau request ke penulisnya.

Academia.edu

Para dosen dan peneliti andal tentunya telah mengetahui situs Academia.edu. Situs ini umumnya dikenal dengan sebutan jejaring sosial para akademisi untuk berbagi hasil penelitian yang telah dilakukan. Untuk mengunduh jurnal dalam situs ini, kamu perlu membuat akun atau menyingkronkannya dengan akun Google atau Facebook.

Sekian artikel tentang beberapa situs jurnal internasional untuk mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Manfaat Magang Bersertifikat Bagi Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar