4 Tips Follow Up Bisnis yang Baik
Siker.id | 15 Mar 2022 13:15


Bagikan ke
Follow up bisnis yang baik dan benar. (siker)

siker.id - Tindakan follow up sangat penting untuk setiap bisnis dan tanpa tindakan tersebut, bisnis yang dimiliki dapat tidak bertahan kembali. Pada awalnya, sebagian besar pebisnis saat ini beranggapan istilah follow up artinya hanya terkait dengan penjualan atau sales saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, kini pebisnis sudah mulai paham bahwa tindakan follow up sangat penting dalam semua bidang bisnis yang dijalankan. Oleh sebab itu pebisnis perlu tahu tips melakukan follow up untuk keberlangsungan usaha yang sedang dijalankan. Berikut ulasannya!

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Bisnis Manajemen

Pastikan Jalur Komunikasi Tetap terbuka

Mintalah izin kepada client Anda untuk dapat berkomunikasi dengan mereka. Kemudian, kirimkan informasi dan saran yang bermanfaat berdasarkan kebutuhan dan minat mereka. Fokus pada informasi yang memiliki nilai tinggi seperti panduan, artikel, atau webinar pendidikan. Tahap ini adalah fase mengkonsolidasikan kepercayaan antara Anda dengan client.

Lakukan Penjualan Kedua

Berkomunikasi dengan client yang sudah pernah membeli produk atau layanan Anda mungkin tampak seperti membuang-buang waktu, tetapi sebenarnya itu merupakan kunci untuk penjualan di masa depan.

Berkomunikasi secara rutin dengan client akan membantu Anda memahami kebutuhan mereka dan memberi Anda ide tentang peningkatan produk. Dengan menciptakan hubungan yang harmonis, Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan lebih banyak produk atau layanan kepada client.

Baca juga: Berikut Kiat Memulai Bisnis dari 0 Buat Pemula

Kirim Catatan Terima Kasih

Beberapa perusahaan mengirim catatan terima kasih melalui email, adapun yang mengirimnya dengan kartu ucapan. Apapun metode yang Anda gunakan, penting untuk mengucapkan terima kasih setelah melakukan penjualan.

Dengan melakukan hal ini, Anda akan memberikan pengalaman yang baik bagi client Anda. Pastikan juga catatan tersebut berisi detail kontak dan nama seseorang yang dapat dihubungi jika client memiliki masalah atau pertanyaan.

Minta Referensi

Umumnya, pelanggan yang merasa puas dan senang akan merujuk Anda kepada pelanggan lain. Ketika sebuah rekomendasi datang dari seseorang yang benar-benar menggunakan layanan Anda, maka produk atau layanan benar-benar memiliki kredibilitas dan kepercayaan ekstra.

Sekian artikel tentang tips melakukan follow up yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Manfaat Testimoni Pelanggan untuk Bisnis


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar